Analisis Kepuasan Konsumen Berdasarkan Dimensi Layanan Merek dalam Industri Penerbangan: Maskapai Low-Cost dan Full Service (Studi pada Garuda Indonesia dan Indonesia AirAsia)
Daftar Isi:
- Merek menjadi hal yang sangat penting untuk menunjukkan perbedaan keunggulan sebuah produk atau layanan dibandingkan dengan produk atau layanan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan harapan, persepsi, dan kepuasan konsumen antara maskapai Garuda Indonesia (full service) dan Indonesia AirAsia (low-cost) di Indonesia berdasarkan 7 (tujuh) dimensi layanan merek. Di mana harapan merupakan persepsi pra-konsumsi barang dan jasa, sedangkan persepsi sebagai dasar penilaian konsumen pada barang dan jasa, yang jika dikombinasikan akan menghasilkan kepuasan. Adapun 7 (dimensi) layanan merek yang digunakan yaitu: tangible, harga, layanan inti, reputasi, publisitas, word-of-mouth, dan karyawan. Sampel penelitian ini adalah pelanggan kedua maskapai yang telah berusia 18 tahun dan menggunakan layanan kedua maskapai dalam jangka waktu 6 bulan terakhir. Penelitian ini menemukan adanya perbedaan harapan, persepsi dan kepuasan responden terhadap kedua maskapai. Secara umum responden puas dengan ke-tujuh dimensi layanan merek kedua maskapai. Namun, tingkat kepuasan responden lebih tinggi terhadap dimensi layanan merek maskapai Indonesia AirAsia, meskipun tingkat persepsi (kinerja) Garuda Indonesia lebih tinggi jika dibandingkan dengan Indonesia AirAsia.