Pengaruh Program Layanan Member Card dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di Toserba Yogya Riau Junction
Daftar Isi:
- Saat ini perkembangan dunia bisnis ritel di Indonesia bertumbuh sangat pesat sesuai dengan perkembangan perekonomian yang terus mengalami proses modernisasi di era globalisasi ini. Toserba Yogya merupakan salah satu bidang usaha ritel dengan jenis supermarket. Dengan adanya persaingan di bidang industri yang sama, memaksa Toserba Yogya membuat strategi pemasaran, dimana strategi tersebut bertujuan untuk menciptakan loyalitas pelanggan dengan manfaat layanan yang diberikan untuk pemilik kartu anggota Yogya/ Yogya member card. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program layanan member card dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Toserba Yogya Riau Junction. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Non probability sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 115 responden, yang memiliki kartu YMC/ Yogya Member Card. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara program layanan member card (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 49,1%, dan juga terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan pelanggan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 55,1%.