Pengaruh Instore dan Outstore Atmosphere terhadap Impulsive Buying pada Lawson Cabang Suria Sumantri Bandung
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis ritel, semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah peritel, terutama peritel modern di Indonesia. Ditinjau dari tujuan pendirian ritel secara umum, profitabilitas merupakan faktor utama pendirian dari suatu ritel; akan tetapi tujuan ini semakin sulit dicapai dengan adanya persaingan yang semakin ketat. Untuk dapat memenangkan persaingan dan memperoleh profit, perusahaan dapat memanfaatkan instore atmosphere maupun outstore atmosphere untuk mendorong terjadinya pembelian tanpa direncanakan (impulsive buying) dalam rangka memperoleh profitabilitas. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis apakan terdapat pengaruh instore dan outstore atmosphere terhadap impulsive buying baik secara simultan maupun parsial pada Lawson cabang Suria Sumantri Bandung. Penelitian ini melibatkan 160 orang responden yang pernah melakukan pembelian paling tidak sebanyak lima kali pada Lawson cabang Suria Sumantri Bandung. Pengujian data regresi linear menggunakan SPSS, diperoleh hasil sig 0.049 untuk pengujian simultan dan 0.018 serta 0.358 untuk pengujian masing-masing variabel instore atmosphere dan outstore atmosphere. Dikarenakan tingkat signifikansi lebih besar dibandingkan alpha (1%) maka dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh.