Daftar Isi:
  • AQUA merupakan pelopor produk air minum dalam kemasan di Indonesia sejak dekade 1970-an. Statusnya pada saat ini sudah bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi (www.aqua.com). AQUA berani bersaing dengan produk sejenis lainnya untuk merebut pasar yang ada. Saat ini air minum dalam kemasan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang karena dianggap praktis dan higienis. Pemasaran menjadi bagian penting bagi AQUA. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh AQUA haruslah tepat agar memiliki pengaruh positif bagi produk yang mereka pasarkan. Kegiatan pemasaran diantaranya adalah Price, Store Image, Distribution Intensity, Advertising Spending, dan Price Deal (Setiawan dan Afiff, 2007). Selain itu pembentukan ekuitas merek juga dapat menjadi aset yang sangat penting bagi perusahaan. Karena hal berikut maka penulis memberikan judul: Analisis Pengaruh Kegiatan Pemasaran terhadap Ekuitas Merek pada AQUA di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Dimana tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan pemasaran yang terdiri dari adalah Price, Store Image, Distribution Intensity, Advertising Spending, dan Price Deal terhadap ekuitas merek. Ruang lingkup penelitian dibatasi hanya di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Dalam penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner sebanyak 200 buah dan yang menjadi respondennya adalah semua mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha. Pengukuran kuesioner dilakukan dengan bantuan program SPSS 12. Dari hasil pengolahan data dapat dilihat pengaruh kegiatan pemasaran terhadap brand equity. Uji validitas tampak pada nilai KMO MSA (Kaiser-Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy) menunjukan angka 0,694 yang artinya ≥ 0,5 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang artinya ≤ 0,5 sehingga mencukupi untuk olah data lebih lanjut. Keenam faktor yang terdapat dalam penelitian ini pun telah reliabel dan menghasilkan persamaan regresi: Y= 1,363 + 0,016X1 + 0,016X2 + 0,211X3 + 0,276X4 + 0,118X5. Hasil Adjusted R Square 0,140 yang artinya kegiatan pemasaran mempengaruhi brand equity AQUA sebesar 14,0% dan sebesar 86% dipengaruhi faktor lain. Hipotesis yang memiliki pengaruh terhadap ekuitas merek adalah distribution intensity dan advertising spending. Berdasarkan kesimpulan atas atas analisis di atas maka Aqua harus meningkatkan pendistribusian dan juga iklan produknya agar konsumen semakin mengenal dan mengingat merek Aqua.