Pengaruh Afeksi Positif dan Negatif pada Niat Pembelian Impulsif
Daftar Isi:
- Salah satu perilaku konsumen adalah perilaku pembelian impulsif. Pembelian impulsif itu sendiri dipengaruhi oleh berbagai aspek. Salah satunya adalah afkesi atau perasaan. Perasaan dapat mucul sewaktu-waktu dikarenakan lingkungan sekitar. Pengaruh afeksi yang positif maupun negatif, dapat menimbulkan pembelian impulsif. Sebelum pembelian impulsif itu terjadi, tentunya ada niat untuk melakukan pembelian impulsif terlebih dahulu, karena niat atau minat beli biasanya muncul terlebih dahulu. Oleh sebab itu, maka peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh afeksi positif dan negatif terhadap niat pembelian impulsif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengolah 135 kuesioner yang sudah diisi oleh responden dengan pertanyaan yang dikutip dari Beatty & Ferrel (1998). Dan dengan menggunakan metode Regrei Sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, terbukti bahwa afkesi positif dan negatif mempengaruhi niat pembelian impulsif yang dilakukan oleh konsumen.