Daftar Isi:
  • Jumlah hotel di kota Tasikmalaya dewasa ini cukup banyak. Hal ini menimbulkan persaingan yang semakin ketat, dan membuat hotel-hotel berusaha untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen, serta mencoba untuk memperluas pangsa pasar. Dalam hal persaingan ini Hotel Abadi, sebuah hotel yang berada di kawasan Kota Tasikmalaya, berusaha keras menyusun strategi pemasaran yang tepat dan efektif dengan cara memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan kepada konsumennya selama mereka menginap di Hotel Abadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dapat dirasakan oleh konsumen. Selain itujuga untuk mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan yang dilaksanakan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan jenis penelitiannya adalah deskritif analisis, yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara statistis dan sistematis. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode acak sederhana, dan pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 50 responden, yang terdiri dari orang-orang yang telah merasakan pelayanan yang sudah diberikan oleh pihak Hotel Abadi. Dari hasil kuesioner, diperoleh data mengenai profil responden, dan data mengenai pengaruhkualitas pelayanan serta hubungannya denagn kepuasan konsumen. Data tersebut kemudian dianalisa melalui uji statistic Rank Spearman. Untuk membuktikan hipotesa yang diajukan penulis yaitu “semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin puas konsumen”. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen, dan melalui uji koefisien determinasi diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 90,25%, dimana hal ini menurut Dean J.Champion termasuk kriteria “High (strong) association up to perfect association”. Melihat hasil yang diperoleh diatas, maka Hotel Abadi harus terus mempertahankan kualitas pelayanan yang selama ini sudah diberikan, agar dapat tetap eksis.