Analisis Pengaruh Brand Image Notebook Toshiba terhadap Niat Beli Konsumen (Studi Kasus di Universitas Kristen Maranatha, Bandung)
Daftar Isi:
- Perkembangan jaman dan kemajuan teknologi yang semakin maju dan cepat berubah mengakibatkan kebutuhan, keinginan, dan gaya hidup manusia mengalami peningkatan. Hal ini mengakibatkan persaingan bisnis antar perusahaan menjadi semakin ketat sehingga mengharuskan setiap perusahaan untuk menciptakan produk yang unik dan selalu melakukan inovasi secara terusmenerus agar disukai oleh konsumen. Perusahaan harus mengetahui persepsi konsumen dan harus melakukan positioningyang tepat untuk brandnya agar bisa disukai dan diterima oleh konsumen karena apabila positioningnya sudah baik maka akan menimbulkan brand imageyang kuat untuk konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis atau meneliti pengaruh brand image notebook Toshiba (Product attributes, consumer benefits, brand personality, user imagery,organizational association, dan brand consumer relationship)terhadap niat beli konsumen di Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Metode yang penulis gunakan adalah metode analisis deskriptif, yang mengkaji variabel brand imageyang terdiri dari product attributes, consumer benefits, brand personality, user imagery, organizational association, dan brand consumer relationshipterhadap niat beli konsumen di Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Pada penelitian ini, penulis menyebarkan 220 kuesioner kepada mahasiswa/i, dosen, karyawan di Universitas Kristen Maranatha yang pernah melihat notebookToshiba maupun yang pernah menggunakannya, namun hanya 200 kuesioner yang dapat dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat analisis regresi pengaruh brand image notebookToshiba terhadap niat beli konsumen, di mana Y=2,482+0,014X1+0,145X2-0,086X3+0,341X4-0,063X5.Dalam penelitian ini hanya variabel organizational associationyang berpengaruh terhadap niat beli konsumen, dengan nilai αsebesar 0,000 yang berarti α≤0,05. Sedangkan variabel yang lainnya tidak berpengaruh karena nilai α≥0,05. Berdasarkan hasil analisis penelitian, penulis mengambil kesimpulan bahwa secara keseluruhan notebookToshiba mempunyai image yang kurang baik di Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Tetapi kredibilitas Toshiba di mata konsumen sangat baik sehingga perlu dipertahankan. Saran yang perlu dilakukan oleh Toshiba adalah melalui pelayanan customer servicenya (menjawab keluhan pelanggan dengan lebih responsif/cepat tanggap terhadap keluhan konsumen). Hal ini bertujuan agar konsumen menjadi lebih tertarik untuk membeli notebook Toshiba.