Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini penulis menganalisis pengaruh iklan Telkom Flexi di televisi terhadap keputusan pembelian konsumen di kalangan Mahasiswa Universitas Kristen Maranatha dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner kepada 100 responden, penelitian kepustakaan, dan observasi langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelaksanaan periklanan yang dilakukan Telkom Flexi pada media televisi, untuk mengetahui tanggapan konsumen (mahasiswa Universitas Kristen Maranatha) terhadap iklan Telkom Flexi pada media televisi, untuk mengukur seberapa besar pengaruh iklan Telkom Flexi pada media televisi terhadap keputusan pembelian konsumen (mahasiswa Universitas Kristen Maranatha). Telkom Flexi dalam pelaksanaan periklanannya berusaha memberikan yang terbaik dengan membuat semenarik mungkin program periklanan Telkom Flexi pada tiap-tiap aspek waktu penayangan, pesan, gerakan, gambar/ visual, dan suara. Waktu penayangan dengan dimensi frekuensi memiliki penilaian yang sangat baik dimata konsumen dibandingkan sub variabel lainnya dalam variabel X. Hal ini menunjukkan bahwa frekuensi iklan Telkom Flexi di televisi sudah sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen. Pesan dengan dimensi motto, merupakan salah satu variabel yang memiliki penilaian paling rendah di mata konsumen. Hal ini menunjukkan konsumen pada umumnya kurang bisa memahami maksud dari motto iklan Telkom Flexi dalam iklannya di televisi. Dari hasil perhitungan regresi didapat persamaan Y = 18.589 + 0.114 X yang artinya setiap peningkatan terhadap iklan di media televisi (X) sebesar “1”, maka akan berpengaruh pada peningkatan keputusan pembelian (Y) sebesar 0.114. Dari hasil perhitungan korelasi Spearman didapat hasil 0.632, maka dapat diketahui terdapat hubungan signifikansi positif antara antara iklan Telkom Flexi di televisi terhadap keputusan pembelian. Karena t hitung nilainya positif, maka berarti iklan Telkom Flexi di televisi berhubungan positif dan signifikansi terhadap keputusan pembelian.. Penghitungan koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara variabel X (Iklan Telkom Flexi di televisi) dan variabel Y (Keputusan Pembelian) adalah sebesar 39.94 %. Hal ini berarti pengaruh iklan Telkom Flexi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 39.94 dan sisa sebesar 60.06 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa iklan Telkom Flexi di televisi berhubungan positif terhadap keputusan pembelian