Pengaruh Experiential Marketing melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Komitmen Pelanggan (Survey Experiential Brand Daihatsu di Kota Bandung)
Daftar Isi:
- Dengan teknik marketing yang tepat, pelanggan dapat memperoleh kepuasan dan loyalitas dalam menggunakan suatu produk. Di era modern seperti sekarang ini, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui spesifikasi kendaraan bermotor sehingga para pemasar memerlukan teknik pemasaran baru yang mampu menimbulkan rasa puas dan komitmen terhadap pelanggan. Teknik Experiential Marketing mencoba untuk menyentuh emosi pelanggan untuk memberikan suatu perasaan positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara parameter Experiential Marketing (Sense, Think, Feel, Act, dan Relate) dengan komitmen dan kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik mobil Daihatsu di Kota Bandung. Mengacu pada penjualan mobil Daihatsu di Cabang Cibeureum tahun 2012-2013, maka jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 2183 orang dengan jumlah sampel sebesar 338 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari 38 butir pernyataan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan AMOS. Dari hasil analisis diperoleh (1) Experiential Marketing signifikan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan; (2) Kepuasan Pelangan signifikan mempengaruhi Komitmen; (3) Experiential Marketing signifikan mempengaruhi Komitmen Pelanggan; (4) Indikator yang berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan adalah Think dan Relate; (5) Indikator yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan adalah Sense, Feel, dan Act; (6) Indikator yang berpengaruh signifikan terhadap Komitmen adalah Sense, Think, dan Relate; (7) Indikator yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Komitmen adalah Feel dan Act; (8) Experiential Marketing melalui kepuasan pelanggan signifikan mempengaruhi komitmen Pelanggan; Dalam penelitian ini dihitung juga besarnya pengaruh: (1) Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan adalah 51,1%; (2) Kepuasan pelanggan terhadap Komitmen adalah 33,5%; (3) Experiential Marketing terhadap Komitmen adalah 33,7%.