Pengaruh Intrinsic Goals Self-Acceptance, Affiliation, dan Community Feeling terhadap Compulsive Buying
Daftar Isi:
- Penelitian – penelitian yang mempelajari fenomena perilaku pembelian sangat menarik untuk diselidiki. Salah satunya adalah compulsive buying. Compulsive buying adalah perilaku pembelian konsumen yang dilakukan secara berulang-ulang. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi compulsive buying adalah intinsic goals yang terdiri dari self-acceptance, affiliation, dan community feeling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intrinsic goals terhadap compulsive buying. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Kristen Maranatha. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah convenience sampling dengan 192 responden yang dapat digunakan dari 200 kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan hanya satu yang menunjukkan hasil signifikan, yaitu community feeling berpengaruh terhadap compulsive buying. Sedangkan self-acceptance dan affiliation tidak berpengaruh negative terhadap compulsive buying