“Pengaruh Trust in a Brand terhadap Brand Loyalty Konsumen Mie Instan Indomie” (Studi Kasus Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Pada saat ini, di Indonesia sedang terjadi persaingan yang ketat antara perusahaan-perusahaan yang berkecimpung dalam industri makanan, termasuk di dalamnya adalah produk mie instan. Mie instan sendiri adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu, dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu. Dan merupakan salah satu makanan terfavorit warga Indonesia. Oleh karena itu, beredarlah bermacam-macam merek mie instan dengan keunggulan masing-masing yang saling bersaing satu sama lain untuk memperebutkan pasar dan memenuhi keinginan konsumen. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa merek mie instan yang paling terkenal di Indonesia adalah Indomie. Oleh karena itu peneliti ingin mencoba meneliti merek mie instan Indomie dilihat dari segi Trust in A Brand-nya, dan melakukan penelitian pengaruh Trust In a Brand Terhadap Brand Loyalty Konsumen Mie Instan Indomie. Penelitian ini akan berfokus pada Trust In A Brand sebagai faktor yang mempengaruhi Brand Loyalty. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat sedalam atau sejauh mana Trust In A Brand (tentu berdasarkan brand characteristic, company characteristic, dan consumer-brand characteristic) secara keseluruhan, berpengaruh terhadap Brand Loyalty. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang ada dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi software SPSS 12, dan pengumpulan data dilakukan melalui pembagian kuesioner kepada mahasiswa/i Universitas Kristen Maranatha. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan bahwa hasil uji signifikansi untuk uji β regresi linear adalah sebesar 0,586 (karena nilai signifikansi lebih dari 0,05) maka Ho diterima yang artinya tidak ada pengaruh antara variable Trust In A Brand terhadap Brand Loyalty Konsumen Mie Instan Indomie. Tapi apabila dilihat dari R Square = 0,344, maka variabel Trust In A Brand berpengaruh terhadap variabel Brand Loyalty sebesar 34,4 %, dan sisanya sebesar 65,6 % dipengaruhi oleh faktor lainnya.