Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Tenno Ramen House Bandung
Daftar Isi:
- Dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya, setiap perusahaan jasa dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanpelanggannya. Melalui kualitas pelayanan yangsesuai dengan harapan para pelanggan, maka diharapkan akan terbentuk kepuasan konsumen yang merupakan asset yang sangat berharga bagi perusahaan/ penyedia jasa. Atas dasar uraian diatas, maka perlu dilakukan penelitian untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Tenno Ramen House. Dengan diadakannya penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pihak manajemen atas kinerja pelayanan yang diberikan untuk meningkatkan kepuasan konsumen melalui perbaikan atas penagganan pelayanaannya. Penulis menyebarkan kuesionerbagi 50 responden dan mengadakan wawancara langsung dengan menggunakan metode non probability atau pemilihan non random yang berupa purposive sampling (pengambilan sampel tujuan) dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Penulis menggunakan uji kortelasi rank spearman dengan alfa 0.05, yang terbukti terdapat pengaruh antara variabel pelayanan dan variabel kepuasan konsumen. Dimana jika dilihat dari koefisien determinasi (Kd) sebesar 64.30%, sedangkan sisanya 35.70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Dari statistik uji, maka didapatkan hasi t hitung lebih besar dari t tabel (9.229>1.684) sehingga Ho ditolak artinya ada pengaruh antara pelayanan dan kepuasan koinsumen, maka kenaikan maupun penuruanan salah satu dari kedua variabel tersebut akan menaikan atau menurunkan variabel lainnya karena pengaruhnya positif.