Daftar Isi:
  • Persaingan dalam dunia usaha menjadi semakin ketat. Termasuk usaha dalam bidang penyediaan jasa pelapisan untuk barang-barang industri. Pelapisan merupakan proses pelapisan logam di atas logam dan non logam. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memberikan pelayanan terbaik untuk menarik pelanggan menggunakan jasa pelapisannya. Salah satu faktor untuk menjaga kepuasan konsumen dengan cara meningkatkan pelayanan agar memperoleh pelanggan yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan PT. Ladang Kimia. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada responden yang menggunakan jasa PT. Ladang Kimia. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengujian dan pengelolahan data menggunakan SPSS dengan metode deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0.190 (19%) dimana terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan PT. Ladang Kimia.