Daftar Isi:
  • Persaingan antar produsen semakin ketat seiring dengan berkembangnya dunia usaha. Tentunya setiap perusahaan ingin terus bertahan hidup (survive) dengan cara mereka harus melakukan langkah-langkah yang dianggap strategis sehingga produk perusahaan dapat diterima dipasaran. Salah satu langkah yang efektif adalah mengelola bagian promosi. Dan alat promosi yang dinilai paling efektif adalah iklan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh iklan melalui media cetak, surat kabar, dan majalah terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Responden yang diteliti (kuesioner) adalah sebanyak 167 orang yang pernah melihat iklan sabun Lux baik di surat kabar ataupun majalah, dan respondennya wanita yang lalu hasilnya dianalisis dengan metode regresi linear sederhana. Di dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa nilai H yang diperoleh sebesar 0.000 berarti H I 0.05. Hal ini menunjukan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara iklan sabun Lux pada media cetak surat kabar dan majalah terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Dari hasil analisis regresi linear sederhana dapat dilihat bahwa iklan sabun Lux di media cetak surat kabar berpengaruh sebesar 10.7%, lalu di media cetak majalah berpengaruh sebesar 11.3% terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Maka dari itu dapat dilihat bahwa iklan di majalah lebih efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.