Daftar Isi:
  • Perusahaan yang mempunyai brand attractiveness dapat menarik minat konsumen dalam pembelian suatu produk atau jasa bahkan menjaga hubungan jangka panjang antara perusahaan dan konsumen. Brand attractiveness dipengaruhi oleh brand personality dan brand association. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand personality pada brand attractiveness: brand association sebagai variabel mediasi. Penelitian menggunakan 645 responden yang pernah mengunjungi, membeli, dan mengkonsumsi KFC Bandung. Instrumen penelitian variabel brand personality diadopsi dari Aaker (1997) dalam Tjiptono, Chandra, Diana (2004); brand association diadopsi dari Yoo, Donthu, Lee (2000); dan brand attractiveness diadopsi dari Kim, Han, Park (2001) & Berthon, Ewing, Hah (2005). Penelitian menggunakan metode analisis jalur dengan alat bantu SPSS versi 11.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand personality dimensi excitement memiliki pengaruh langsung terbesar pada brand attractiveness.