Pengaruh Brand Community Integration pada Brand Loyalty: Satisfaction sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus: Komunitas Viking Persib)
Daftar Isi:
- Brand loyalty merupakan salah satu indicator kesuksesan perusahaan melalui konsumen yang telah setia pada produk atau merek untuk meningkatkan konsumen yang baru. Elemen yang mempengaruhi brand loyalty yaitu: brand community integration yang terdiri dari product, brand community, dan company. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh brand community integration pada brand loyalty: satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Bandung dengan menggunakan 250 responden yang dapat diteliti. Karakteristik yang digunakan adalah berdasarkan keanggotaan, kepemilikan kartu member, lamanya menjadi anggota, kesetiaan anggota, pembelian produk Viking, dan penggunaan produk Viking pada komunitas Viking. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur dengan alat bantu SPSS versi 11.50. Instrumen penelitian diadopsi dari Mc. Alexander et el (2002) Berdasarkan hasil penelitian, brand community dan Viking community memberikan hasil yang signifikan pada brand loyalty; brand community dan Viking community memberikan hasil yang signifikan pada satisfaction; brand communtiy dan Viking community memberikan hasil yang signifikan pada brand loyalty melalui satisfaction.. Pengaruh terbesar adalah pengaruh brand community memiliki pengaruh paling besar pada brand loyalty.