Pengaruh Servicescape terhadap Kepuasan Konsumen Cinema XXI Cihampelas Walk Bandung
Daftar Isi:
- Kualitas merupakan inti kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Gerakan revolusi mutu melalui pendekatan manajemen mutu terpadu menjadi tuntutan yang tidak boleh diabaikan jika suatu perusahaan ingin hidup dan berkembang, persaingan yang semakin ketat akhir-akhir ini menuntut sebuah perusahaan penyedia jasa atau layanan untuk selalu memanjakan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik. Servicescape merupakan satu wujud dari jasa itu sendiri, yang dapat memengaruhi perilaku dan respon konsumen terhadap jasa yang diberikan oleh penyedia jasa.Servicescape terdiri dari tiga elemen yaitu, ambient factor, design factor, dan social interaction factor. Cinema XXI Cihampelas Walk Bandung merupakan salah satu bioskop yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam memilih berbagai alternatif bioskop yang ada. Oleh sebab itu pihak pengelola Cinema XXI Cihampelas Walk berusaha memenuhi kriteria yang menjadi bahan pertimbangan konsumen, baik dari segi jumlah loket pembelian tiket, ruangan tunggu sebelum film diputar, kafe, game centre, snack corner, studio, sirkulasi udara di dalam dan di luar studio, pencahayaan ruangan, maupun dari segi pelayanan yang diberikan oleh staf Cinema XXI Cihampelas Walk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara ambient factor, design factor, dan social interaction factor terhadap kepuasan konsumen di Cinema XXI Cihampelas Bandung. Dari hasil secara keseluruhan dan dari hasil hipotesis menunjukkan bahwa ambient factor, design factor, dan social factor pada Cinema XXI Cihampelas Walk Bandung berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai sebesar 13,5%, sisanya sebesar 86.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.