Daftar Isi:
  • Salah satu cara kreatif dalam mempromosikan produk kepada konsumen adalah melalui iklan pada media televisi. Agar iklan tersebut lebih menarik perhatian konsumen maka perusahaan menggunakan Celebrity Endorser. Melalui Celebrity Endorser, diharapkan konsumen dapat mencari informasi akan produk yang dibawakan serta menimbulkan minat pada diri konsumen untuk membeli produk tersebut. Peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh Celebrity Endorser (Irfan Bachdim) pada produk Shampo Clear Men terhadap minat beli konsumen yang dilakukan di sekitar Universitas Kristen Maranatha Bandung. Celebrity endorser mencakup tiga nilai yaitu keahlian, kejujuran, dan daya tarik. Peneliti menggunakan metode purposive sampling, dengan menyebar 100 kuesioner disekitar Universitas Kristen Maranatha yang telah melihat iklan Shampo Clear Men. Analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, dan regresi yang diolah menggunakan SPSS 12.0. Dalam penelitian ini variabel keahlian mempengaruhi minat beli sebesar 29,7%, variabel kejujuran mempengaruhi minat beli sebesar 20,8%, dan variabel daya tarik mempengaruhi minat beli sebesar 38,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Peneliti menyarankan pada perusahaan Shampo Clear Men, agar terus berinovasi dan memunculkan ide-ide kreatif agar dapat bersaing dengan pesaing yang mempergunakan celebrity endorser yang lain agar mampu memberi nilai lebih bagi konsumen, serta menimbulkan minat beli yang tinggi akan produk Shampo Clear Men.