Daftar Isi:
  • Kemajuan moderenitas memunculkan kesadaran perusahaan terhadap pentingnya komunitas. Komunitas berpengaruh secara langsung terhadap sikap dan perilaku seseorang. Terdapat komunitas yang terbentuk dari merek yang disebut brand community karena adanya kebutuhan untuk bertukar pengetahuan dan berbagi pengalaman mengenai produk dan merek yang sama. Kombinasi terbaru dari sisi pelanggan berupa brand commitment dalam konteks community. Kawasaki Ninja Club Bandung merupakan komunitas motor Kawasaki Ninja terbesar di Bandung dan memiliki anggota yang aktif. Commitment yang dimiliki anggota Kawasaki Ninja Club Bandung dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pihak perusahaan (PT. Kawasaki Motor Indonesia). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS 20 for Mac dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,265. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh brand community commitment terhadap loyalitas pelanggan Kawasaki Ninja Club Bandung sebesar 26,5% dan sisanya sebesar 73,5% dipengaruhi oleh faktor lain.