Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen pada Food Court Universitas Kristen Maranatha di Bandung
Daftar Isi:
- Food Court adalah salah satu usaha yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan minuman bagi masyarakat umum. Dengan adanya berbagai jenis Food Court berdasarkan kebutuhan masyarakat, maka tidak mengherankan apabila terdapat berbagai jenis Food Court yang berdiri dengan berbagai macam menu dan suasana yang ditawarkan. Berbagai aktivitas individu di luar rumah yang dilakukan, memaksa mereka untuk makan di luar rumah. Kebiasaan makan di luar rumah banyak dijumpai terutama bagi para pekerja, eksekutif, maupun di lingkungan institusi - institusi seperti sekolah dan kampus. Khususnya mahasiswa, mereka cenderung untuk memanfaatkan Food Court yang berada di dalam kampus karena kegiatan perkuliahan yang sangat padat di mulai dari pagi sampai sore hari. Dalam penelitan ini, peneliti hendak menjelaskan dimensi kualitas pelayanan yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Food Court Universitas Kristen Maranatha Bandung. Dimana dimensi kualitas pelayanan meliputi tangible, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance. Kualitas pelayanan memiliki keunggulan yang dapat membuat konsumen menjadi loyal, namun kendala atau kelemahannya adalah konsumen menganggap masih kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner pada responden yang pernah mengkonsumsi makanan dan minuman di Food Court Universitas Kristen Maranatha, Bandung sebanyak 150 responden. Pengujian dan pengolahan data menggunakan SPSS v.16 dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 11,9% dan sisanya 88,1% dipengaruhi oleh faktor lain.