Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Hotel Carrcadin di Jalan Kebon Jati no 71-75, Bandung)
Daftar Isi:
- Dampak globalisasi menyebabkan industri jasa yang terdiri dari berbagai macam industri seperti industri transportasi, telekomunikasi, perbankan, dan perhotelan berkembang dengan cepat. Salah satunya adalah industri perhotelan. Industri perhotelan adalah industri jasa yang memadukan antara produk dan layanan. Perusahaan yang ingin bertahan harus mempunyai nilai lebih yang menjadikan perusahaan tersebut berbeda dengan perusahaan lain yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan produk yang diberikan kepada pelanggan. Hotel Carrcadin adalah Hotel yang memiliki kualitas pelayanan yang baik dan produk yang baik. Riset dilakukan dengan jumlah sampel yang diambil untuk penelitian ini sebesar 352 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Structural Equation Modeling(SEM). Hasil pengujian hipotesis menggunakan SEM menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dan terdapat pula pengaruh produk terhadap loyalitas konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan produk terhadap loyalitas konsumen