Daftar Isi:
  • Periklanan adalah salah satu bentuk dari media promosi yang banyak digunakan perusahaan dalam memperkenalkan produknya. Dalam beriklan perusahaan perlu menggunakan cara yang kreatif agar produk dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Banyak cara kreatif yang ditempuh oleh perusahaan, salah satu cara adalah menggunakan bintang iklan dalam mengkomunikasikan produk. Bintang iklan dikategorikan sebagai celebrity endorser yang dapat membuat konsumen tertarik terhadap produk dan dapat menciptakan citra merek terhadap produk tersebut. Dalam penggunaan celebrity endorser, perusahaan perlu melakukan penilaian terhadap karakteristik celebrity yang terdiri dari familiarity (celebrity yang digunakan harus mudah untuk dikenali dan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat), relevance (celebrity yang digunakan harus cocok dengan produk dalam persepsi dari pasar target), esteem (celebrity yang digunakan harus mempunyai nilai tersendiri bagi konsumen), dan differentiation (celebrity yang digunakan harus benar-benar berbeda dari iklan yang lain). Jika celebrity endorser memiliki karakteristik familiarity, relevance, esteem, dan differentiation, dan karakteristik dari celebrity endorser tersebut memiliki kesesuaian dengan karakteristik produk, maka akan menciptakan citra merek di benak konsumen. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis mengenai Pengaruh Celebrity Endorser pada iklan produk Olay Natural White terhadap Citra Merek dengan menyebarkan kuesioner kepada 105 mahasiswi Fakultas Ekonomi – Jurusan Manajemen, Universitas Kristen Maranatha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Celebrity Endorser dalam iklan produk Olay Natural White dalam kaitannya dengan Citra Merek. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan melalui prosedur SPSS, celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap citra merek adalah sebesar 19.6 % sedangkan sisanya 80.4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini berarti terdapat pengaruh celebrity endorser terhadap citra merek meskipun memiliki pengaruh yang kecil. Dari Uji F didapat nilai signifikansi nilai p < 0.05, maka setiap variabel dari celebrity endorser yaitu familiarity, relevance, esteem, dan differentiation mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel citra merek. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan celebrity endorser sebagai salah satu cara yang kreatif dalam beriklan dapat berpengaruh terhadap citra merek produk.