Daftar Isi:
  • Situasi persaingan dalam dunia usaha sekarang sudah semakin kompetitif, dimana hal ini menuntut pelaku bisnis untuk mampu mempertahankan dan mengembangkan usaha bisnis mereka. Dalam persaingan ini, sebuah merek memegang peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Peran merek ini membantu perusahaan untuk mencapai tingkat tertinggi dari pencapaian sebuah perusahaan, yaitu ekuitas merek. Dalam membentuk ekuitas merek, perusahaan dapat melakukan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan pemasaran yang baik agar merek tersebut dapat dikenal oleh para konsumen. Pemasaran yang baik adalah pemasaran yang dapat menyampaikan segala bentuk informasi kepada konsumen, karena informasi merupakan salah satu unsur penting dalam melakukan suatu usaha bisnis dalam situasi yang kompetitif seperti saat ini. Air Asia adalah salah satu perusahaan maskapai penerbangan yang melakukan pemasarannya secara baik melalui promosinya. Penggunaan sosial media sebagai alat pemasaran adalah salah satu cara yang mereka lakukan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh social media marketing terhadap brand equity dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh social media marketing terhadap brand equity Air Asia sebesar 16,7%.