Pengaruh Celebrity Endorser (Sandra Dewi) terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Clear
Daftar Isi:
- Produk dan pelayanan jasa saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Hal ini menyebabkan munculnya banyak pesaing di dalam dunia usaha, khususnya dalam periklanan. Perusahaan menggunakan celebrity endorser, baik itu para aktor atau aktris, dan atlet sebagai pendukung dalam beriklan. Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini akan membahas pengaruh celebrity endorser (Sandra Dewi) terhadap minat beli konsumen pada produk Clear di lingkungan Universitas Kristen Maranatha. Celebrity endorser dapat dinilai dari attractiveness, trustworthiness, dan expertise. Metode penelitian yang digunakan adalah metode non probabaility sampling dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di lingkungan Universitas Kristen Maranatha Bandung yang pernah menonton iklan Clear kemudian dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan uji regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa pengaruh celebrity endorser mempengaruhi minat beli konsumen pada produk Clear sebesar 28.4%. Dengan kata lain minat beli konsumen dapat dijelaskan oleh celebrity endorser sebesar 28.4% dan sisanya 71.6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.