Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada pelanggan Hotel Zodiak di Bandung)
Daftar Isi:
- Mengingat banyaknya wisatawan yang datang melancong, menyebabkan tingginya permintaan konsumen untuk akomodasi. Tingginya tingkat persaingan hotel-hotel di Bandung pun menekan hotel tersebut harus memiliki keunggulan dalam hal tertentu agar dapat bertahan bersaing. Hotel Zodiak merupakan hotel yang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan, menomor satukan pelayanan untuk pelanggan dengan harga terjangkau. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Structural Equation Modeling(SEM) Hasil Pengujian hipotesis dengan menggunakan SEM membuktikan bahwa Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen , dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas. Sedangkan harga dianggap tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen Hotel Zodiak Bandung.