Studi Deskriptif Mengenai Profil Komitmen Organisasi Pada Karyawan Sales di Perusahaan 'X' Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul ‘Studi Deskriptif Mengenai Profil Komitmen Organisasi Pada Karyawan Sales di Perusahaan ‘X’ Kota Bandung’. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran profil komitmen yang dimiliki sales perusahaan ‘X’ kota Bandung yang dilandasi oleh affective commitment, continuance commitment, dan normative commitment. Populasi pada penelitian ini adalah semua karyawan sales perusahaan ‘X’ di kota Bandung. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel komitmen organisasi adalah modifikasi dari OCQ (Organizational Commitment Questionare) oleh Meyer & Allen (1996) yang terdiri dari 18 item. Validitas berdasarkan construct validity dengan rumus korelasi spearman, untuk alat ukur komitmen organisasi berada pada rentang 0,322-0,813. Reliabilitas berdasarkan Alpha Cronbach, untuk alat ukur komitmen organisasi komponen affective 0,573, continuance 0,785, dan normative 0,607. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 5 orang sales (22,72%) memiliki profil komitmen 1, yang memiliki profil komitmen 7 (0%) tidak ada. Hal ini berkaitan dengan faktor usia dan masa kerja yang kurang mendukung. Saran ilmiah dari peneliti adalah agar penelitian berikutnya mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan komitmen organisasi. Saran praktis peneliti kepada sales yang memiliki affective commitment rendah,agar HRD dapat lebih memperhatikan lebih seperti memberikan dorongan dan motivasi agar sales merasa diperhatikan oleh perusahaan, sehingga diharapkan sales dapat meningkatkan komitmennya terhadap perusahaan.