ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD KABUPATEN SERANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKATMISKIN KABUPATEN DAN KOTA SERANG

Main Authors: Amalia, Ema, Listyaningsih, Listyaningsih, Cadith, Juliannes
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/235/1/Skripsi%20ANE%20-%20EMA%20AMALIA%20-%202012.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/235/
http://ane.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Ema Amalia. NIM. 6661082036. Skripsi. Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan RSUD Kabupaten Serang Dalam Memberikan Pelayanan Bagi Masyarakat Miskin Kabupaten Dan Kota Serang. Program Studi Ilmu Adiministrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing 1: Listyaningsih, S.Sos.M.Si. Dosen Pembimbing 2: Julianes Cadith, S.Sos.M.Si Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Rawat, Jalan, RSUD, Kabupaten, Serang Keberadaan RSUD Kabupaten Serang sebagai rumah sakit rujukan yang menerima pelayanan bagi masyarakat miskin pengguna kartu jaminan kesehatan: Jamkesmas, SKTM dan Jamkesda. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan lebih memprioritaskan seluruh masyarakat Kabupaten Serang dikarenakan RSUD Kabupaten Serang adalah milik Pemerintah Kabupaten Serang dan hanya berkewajiban memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan pelayanan rawat jalan RSUD Kabupaten Serang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin Kabupaten dan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan teori Dimension of SERVQUAL (SERVice QUALity) yang dikemukakan oleh Valeire A. Zeithaml, A. Parasuraman dan Leorard L. Berry. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian adalah jumlah pasien miskin rawat jalan RSUD Kabupaten Serang per-triwulan I-IV kurun waktu satu tahun, tahun 2011 berjumlah 25.534, sementara sampel yang diambil sebanyak 100 pasien dengan masing-masing 50 pasien miskin Kabupaten Serang dan 50 pasien miskin Kota Serang dengan menggunakan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket, studi dokumentasi, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik pengujian menggunakan uji beda hipotesis t-test dua sampel. Hasil penelitian menunjukan nilai kualitas pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Serang 79% pada skala interval didapat nilai berjalan sangat baik dan masyarakat Kota Serang 77% pada skala interval didapat nilai sangat baik. Hasil perhitungan diperoleh t hitung lebih besar dari dari harga t tabel (2,12 ≥ 1,980) maka Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya terdapat perbedaan kualitas pelayanan rawat jalan RSUD Kabupaten Serang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin Kabupaten dan Kota Serang.