ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD KABUPATEN SERANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKATMISKIN KABUPATEN DAN KOTA SERANG
Main Authors: | Amalia, Ema, Listyaningsih, Listyaningsih, Cadith, Juliannes |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/235/1/Skripsi%20ANE%20-%20EMA%20AMALIA%20-%202012.pdf http://eprints.untirta.ac.id/235/ http://ane.fisip-untirta.ac.id |
ctrlnum |
235 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.untirta.ac.id/235/</relation><title>ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD KABUPATEN SERANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKATMISKIN KABUPATEN DAN KOTA SERANG</title><creator>Amalia, Ema</creator><creator>Listyaningsih, Listyaningsih</creator><creator>Cadith, Juliannes</creator><subject>Public Administration</subject><description>Ema Amalia. NIM. 6661082036. Skripsi. Analisis Perbedaan Kualitas
Pelayanan Rawat Jalan RSUD Kabupaten Serang Dalam Memberikan
Pelayanan Bagi Masyarakat Miskin Kabupaten Dan Kota Serang. Program
Studi Ilmu Adiministrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing 1: Listyaningsih,
S.Sos.M.Si. Dosen Pembimbing 2: Julianes Cadith, S.Sos.M.Si
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Rawat, Jalan, RSUD, Kabupaten, Serang
Keberadaan RSUD Kabupaten Serang sebagai rumah sakit rujukan yang
menerima pelayanan bagi masyarakat miskin pengguna kartu jaminan kesehatan:
Jamkesmas, SKTM dan Jamkesda. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan lebih
memprioritaskan seluruh masyarakat Kabupaten Serang dikarenakan RSUD
Kabupaten Serang adalah milik Pemerintah Kabupaten Serang dan hanya
berkewajiban memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Kabupaten Serang.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan pelayanan rawat
jalan RSUD Kabupaten Serang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat
miskin Kabupaten dan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan teori Dimension
of SERVQUAL (SERVice QUALity) yang dikemukakan oleh Valeire A. Zeithaml,
A. Parasuraman dan Leorard L. Berry. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian adalah jumlah pasien miskin
rawat jalan RSUD Kabupaten Serang per-triwulan I-IV kurun waktu satu tahun,
tahun 2011 berjumlah 25.534, sementara sampel yang diambil sebanyak 100
pasien dengan masing-masing 50 pasien miskin Kabupaten Serang dan 50 pasien
miskin Kota Serang dengan menggunakan teknik incidental sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket, studi dokumentasi,
observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik pengujian menggunakan uji
beda hipotesis t-test dua sampel. Hasil penelitian menunjukan nilai kualitas
pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Serang 79% pada skala interval didapat
nilai berjalan sangat baik dan masyarakat Kota Serang 77% pada skala interval
didapat nilai sangat baik. Hasil perhitungan diperoleh t hitung lebih besar dari dari
harga t tabel (2,12 ≥ 1,980) maka Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya
terdapat perbedaan kualitas pelayanan rawat jalan RSUD Kabupaten Serang
dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin Kabupaten dan Kota
Serang.</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.untirta.ac.id/235/1/Skripsi%20ANE%20-%20EMA%20AMALIA%20-%202012.pdf</identifier><identifier> Amalia, Ema and Listyaningsih, Listyaningsih and Cadith, Juliannes (2012) ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD KABUPATEN SERANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKATMISKIN KABUPATEN DAN KOTA SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. </identifier><relation>http://ane.fisip-untirta.ac.id</relation><recordID>235</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Amalia, Ema Listyaningsih, Listyaningsih Cadith, Juliannes |
title |
ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD KABUPATEN SERANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKATMISKIN KABUPATEN DAN KOTA SERANG |
publishDate |
2012 |
topic |
Public Administration |
url |
http://eprints.untirta.ac.id/235/1/Skripsi%20ANE%20-%20EMA%20AMALIA%20-%202012.pdf http://eprints.untirta.ac.id/235/ http://ane.fisip-untirta.ac.id |
contents |
Ema Amalia. NIM. 6661082036. Skripsi. Analisis Perbedaan Kualitas
Pelayanan Rawat Jalan RSUD Kabupaten Serang Dalam Memberikan
Pelayanan Bagi Masyarakat Miskin Kabupaten Dan Kota Serang. Program
Studi Ilmu Adiministrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing 1: Listyaningsih,
S.Sos.M.Si. Dosen Pembimbing 2: Julianes Cadith, S.Sos.M.Si
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Rawat, Jalan, RSUD, Kabupaten, Serang
Keberadaan RSUD Kabupaten Serang sebagai rumah sakit rujukan yang
menerima pelayanan bagi masyarakat miskin pengguna kartu jaminan kesehatan:
Jamkesmas, SKTM dan Jamkesda. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan lebih
memprioritaskan seluruh masyarakat Kabupaten Serang dikarenakan RSUD
Kabupaten Serang adalah milik Pemerintah Kabupaten Serang dan hanya
berkewajiban memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Kabupaten Serang.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan pelayanan rawat
jalan RSUD Kabupaten Serang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat
miskin Kabupaten dan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan teori Dimension
of SERVQUAL (SERVice QUALity) yang dikemukakan oleh Valeire A. Zeithaml,
A. Parasuraman dan Leorard L. Berry. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian adalah jumlah pasien miskin
rawat jalan RSUD Kabupaten Serang per-triwulan I-IV kurun waktu satu tahun,
tahun 2011 berjumlah 25.534, sementara sampel yang diambil sebanyak 100
pasien dengan masing-masing 50 pasien miskin Kabupaten Serang dan 50 pasien
miskin Kota Serang dengan menggunakan teknik incidental sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket, studi dokumentasi,
observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik pengujian menggunakan uji
beda hipotesis t-test dua sampel. Hasil penelitian menunjukan nilai kualitas
pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Serang 79% pada skala interval didapat
nilai berjalan sangat baik dan masyarakat Kota Serang 77% pada skala interval
didapat nilai sangat baik. Hasil perhitungan diperoleh t hitung lebih besar dari dari
harga t tabel (2,12 ≥ 1,980) maka Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya
terdapat perbedaan kualitas pelayanan rawat jalan RSUD Kabupaten Serang
dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin Kabupaten dan Kota
Serang. |
id |
IOS3442.235 |
institution |
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
institution_id |
89 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
library_id |
598 |
collection |
Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
repository_id |
3442 |
subject_area |
Administrasi Negara dan Militer Akuntansi Arsitektur |
city |
KOTA SERANG |
province |
BANTEN |
repoId |
IOS3442 |
first_indexed |
2021-07-26T08:47:18Z |
last_indexed |
2021-07-26T08:47:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764503488077758464 |
score |
17.538404 |