PENGARUH TERPAAN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP KESADARAN MERK Uji Pengaruh Terpaan Iklan “Kartu As versi Smash” di Televisi terhadap Kesadaran Merk pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Untirta Angkatan 2006-2010
Main Authors: | Mahmudoh, Siti, Setyorini, Deviani, Nesia, Andin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/169/1/SKRIPSI%20KOM%20SITI%20MAHMUDOH%20073056.pdf http://eprints.untirta.ac.id/169/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Siti Mahmudoh. NIM 6662073056. Skripsi. “Pengaruh Terpaan Iklan di Televisi terhadap Kesadaran Merk Uji Pengaruh Terpaan Iklan “Kartu As versi Smash” terhadap Kesadaran merk pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Untirta Angkatan 2006-2010. Iklan menjadi industri yang mengeluarkan belanja cukup besar di negeri ini. Telkomsel memanfaatkan iklan televisi itu untuk memberikan informasi mengenai produk dan layanan baru. Telkomsel memberikan kontribusi terbesar dalam belanja iklan tahun 2010. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana terpaan iklan Kartu As versi “Smash” di televisi dapat mempengaruhi kesadaran merk pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Untirta. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan Kartu As versi “Smash” di televisi terhadap kesadaran merk pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Untirta. Teori yang digunakan dakam penelitian ini adalah Hierarchy of Effect Model dan Advertising Exposure Process Model. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat eksplanatif. Data dikumpulkan dari hasil kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi Untirta yang aktif kuliah pada angkatan 2006-2011 sebanyak 87 mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Untirta. Hasil penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson Product Moment menunjukkan terdapat hubungan yang kuat, positif dan signifikan antara antara terpaan iklan “Kartu As versi Smash” dengan kesadaran merk pada mahasiswa ilmu komunikasi Untirta sebesar 0,614. Kemudian perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,378 atau 37,8% sehingga dapat dijelaskan bahwa sebesar 37,8% pembentukan kesadaran merk yang terjadi dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Terpaan iklan “Kartu As versi Smash” menunjukkan frekuensi, durasi dan intensitas yang cukup tinggi menerpa mahasiswa ilmu komunikasi Untirta. Kesadaran merk Kartu As pada mahasiswa ilmu komunikasi Untirta pada tahap kognitif adalah tinggi sedangkan pada tahap afektif dan behavior adalah rendah. Sebesar 37,8% pembentukan kesadaran merk yang terjadi dapat dipengaruhi oleh terpaan iklan sisanya dipengaruhi oleh faktorfaktor lain. Peneliti merekomendasikan agar penelitian selanjutnya melakukan penelitian tentang terpaan iklan selain media televisi, selain itu peneliti menyarankan kepada pihak Telkomsel bahwa dalam membuat iklan sebaiknya isi iklan lebih informatif dan tidak hanya melakukan promosi melalui iklan, tetapi melakukan bauran komunikasi pemasaran yang lain.