EFEKTIVITAS MEDIA WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Korelasi Penggunaan Kolom Keluhan Pelanggan dalam Website Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara)

Main Authors: Anggita, Putri Chintia, Setyorini, Deviani, Restu, Uliviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/133/1/SKRIPSI%20PUTRI%20CHINTIA%20ANGGITA.%20FP.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/133/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Putri Chintia Anggita. NIM. 062517. Skripsi. Efektivitas Media Website Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Korelasional Penggunaan Kolom Keluhan Pelanggan Pada Website PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara). Saat ini perkembangan teknologi semakin dinamis dan inovatif, sehingga kebutuhan akan teknologi, baik itu teknologi informasi maupun komunikasi sangat tinggi. Kebutuhan informasi yang lebih cepat dan mudah tentunya menuntut para pemberi informasi atau perusahaan untuk memiliki sebuah media. Hal ini dimaksudkan untuk membuktikan bahwa istilah efektivitas serta efisiensi betul-betul dijalankan oleh perusahaan tersebut dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya bukan hanya dijadikan semboyan-semboyan semata. Bersamaan dengan itu maka kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur dari keberhasilan suatu perusahaan menjalankan visi dan misinya, mengingat bahwa memang pelangganlah yang melakukan penilaian kinerja suatu perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak pada bidang jasa. PT.PLN (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa kelistrikan dengan ribuan pelanggan yang tersebar diberbagai daerah. Oleh karena itu pengadaan website sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan dijadikan sebagai salah satu upaya PT.PLN (Persero) dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang nantinya akan berujung menjadi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui efektivitas media website terhadap kepuasan pelanggan PT.PLN (Persero) APJ Banten Utara, dengan indikator kepuasan pelanggan yaitu harapan, persepsi, dan pelayanan yang diterima. Model komunikasi Two Way Symmetrical merupakan titik tolak dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan ialah korelasi dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 35 orang yang menghasilakan besaran sampel sebanyak 35 orang pula karena pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampel jenuh (sensus). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat hasil yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media website terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0.019. Pengaruh tersebut dapat dikatakan rendah sekali. Jadi nilai determinasi media website terhadap kepuasan pelanggan hanya sebesar 0.0361%, sisanya sebesar 99.96% diberikan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Sehingga hipotesis terbukti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh antara efektivitas media website terhadap kepuasan pelanggan.