UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Lontar Baru Kota Serang Tahun Pelajaran 2014/2015)

Main Author: FIRMAN AWALUDIN, DEDE
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13265/1/UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20PADA%20MATA%20PEL.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13265/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model cooperative learning tipe example non example hingga mencapai nilai KKM ≥ 65. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini dilakukan dengan dua tahap siklus penelitian, dimana pada setiap siklusnya dilakukan dengan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen tes, instrumen observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan, terlihat dari data awal tingkat kelulusan peserta didik dari 37 peserta didik hanya 18 peserta didik (49%) yang mendapatkan nilai di atas KKM dan 19 peserta didik (51%) berada di bawah KKM. Sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe example non example pada siklus I jumlah peserta didik yang lulus berdasarkan KKM meningkat 72%, dan pada siklus II meningkat 94%. Sedangkan aktivitas peserta didik setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe example non example pada siklus I aktivitas peserta didik mencapai 75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Sehingga simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dengan diterapkannya model cooperative learning tipe example non example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas III Sekolah Dasar Negeri Lontar Baru