STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Main Author: | DWI CAHYO, FANDI ARDIAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12877/1/Strategi%20Diversifikasi%20Produk%20Pisau%20Pada%20Industri%20Kreatif%20dengan%20Pendekatan%20QFD.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12877/ |
ctrlnum |
12877 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/12877/</relation><title>STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA 
INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN 
QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)</title><creator>DWI CAHYO, FANDI ARDIAN</creator><subject>HD Industries. Land use. Labor</subject><description>Diversifikasi produk merupakan strategi yang dilakukan pihak perusahaan dalam 
usaha mengembangkan dan memperbaiki kualitas produknya serta untuk 
meningkatkan nilai ekonomi suatu produk. Diversifikasi produk yang dilakukan oleh 
Industri Kreatif Masyarakat PD. Setia Jaya adalah mengembangkan desain produk 
pisau dapur tradisional sesuai dengan karakteristik keinginan dan kebutuhan 
konsumen. Identifikasi variabel karakteristik konsumen terhadap produk pisau 
tersebut didapat melalui penentuan evaluasi produk berdasarkan dimensi bauran 
manajemen pemasaran 7P dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen 
pengguna pisau dari IKM tersebut. Dalam proses pengembangan produk terhadap 
karakteristik konsumen dibantu dengan berbagai sarana dan teknik. QFD adalah 
suatu sarana yang digunakan untuk menghubungkan karakteristik kebutuhan 
konsumen yang didefinisikan oleh konsumen ke dalam spesifikasi teknis produk. Pada 
matriks penggabungan karakteristik konsumen dan karakteristik desain produk dalam 
House of Quality menghasilkan korelasi antara kedua karakteristik tersebut sehingga 
menghasilkan nilai dari suatu hubungan karakteristik. Dalam pembentukan matriks 
hubungan ini ada tiga macam hubungan yang dapat terjadi yaitu, hubungan kuat, 
sedang dan lemah. Hubungan pada matriks tersebut diberi simbol-simbol yang 
mempunyai nilai yang berbeda yaitu hubungan kuat dengan nilai 9, hubungan sedang 
dengan nilai 3, hubungan lemah dengan nilai 1. Berdasarkan pada gambar House of 
Quality didapatkan nilai kepentingan absolut dan nilai kepentingan relatif, nilai 
tertinggi yang telah diklasifikasi ditentukan sebagai nilai prioritas karakteristik 
teknis yang diinginkan oleh konsumen. Dipilih lima karakteritik teknis tertinggi dari 
nilai persentase kepentingan relatif untuk menentukan prioritas desain produk yang 
akan dilakukan perancangan desain produk ekspektasi.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/12877/1/Strategi%20Diversifikasi%20Produk%20Pisau%20Pada%20Industri%20Kreatif%20dengan%20Pendekatan%20QFD.pdf</identifier><identifier> DWI CAHYO, FANDI ARDIAN (2014) STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. </identifier><recordID>12877</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
DWI CAHYO, FANDI ARDIAN |
title |
STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA
INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN
QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) |
publishDate |
2014 |
topic |
HD Industries. Land use. Labor |
url |
https://eprints.untirta.ac.id/12877/1/Strategi%20Diversifikasi%20Produk%20Pisau%20Pada%20Industri%20Kreatif%20dengan%20Pendekatan%20QFD.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12877/ |
contents |
Diversifikasi produk merupakan strategi yang dilakukan pihak perusahaan dalam
usaha mengembangkan dan memperbaiki kualitas produknya serta untuk
meningkatkan nilai ekonomi suatu produk. Diversifikasi produk yang dilakukan oleh
Industri Kreatif Masyarakat PD. Setia Jaya adalah mengembangkan desain produk
pisau dapur tradisional sesuai dengan karakteristik keinginan dan kebutuhan
konsumen. Identifikasi variabel karakteristik konsumen terhadap produk pisau
tersebut didapat melalui penentuan evaluasi produk berdasarkan dimensi bauran
manajemen pemasaran 7P dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen
pengguna pisau dari IKM tersebut. Dalam proses pengembangan produk terhadap
karakteristik konsumen dibantu dengan berbagai sarana dan teknik. QFD adalah
suatu sarana yang digunakan untuk menghubungkan karakteristik kebutuhan
konsumen yang didefinisikan oleh konsumen ke dalam spesifikasi teknis produk. Pada
matriks penggabungan karakteristik konsumen dan karakteristik desain produk dalam
House of Quality menghasilkan korelasi antara kedua karakteristik tersebut sehingga
menghasilkan nilai dari suatu hubungan karakteristik. Dalam pembentukan matriks
hubungan ini ada tiga macam hubungan yang dapat terjadi yaitu, hubungan kuat,
sedang dan lemah. Hubungan pada matriks tersebut diberi simbol-simbol yang
mempunyai nilai yang berbeda yaitu hubungan kuat dengan nilai 9, hubungan sedang
dengan nilai 3, hubungan lemah dengan nilai 1. Berdasarkan pada gambar House of
Quality didapatkan nilai kepentingan absolut dan nilai kepentingan relatif, nilai
tertinggi yang telah diklasifikasi ditentukan sebagai nilai prioritas karakteristik
teknis yang diinginkan oleh konsumen. Dipilih lima karakteritik teknis tertinggi dari
nilai persentase kepentingan relatif untuk menentukan prioritas desain produk yang
akan dilakukan perancangan desain produk ekspektasi. |
id |
IOS3442.12877 |
institution |
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
institution_id |
89 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
library_id |
598 |
collection |
Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
repository_id |
3442 |
subject_area |
Administrasi Negara dan Militer Akuntansi Arsitektur |
city |
KOTA SERANG |
province |
BANTEN |
repoId |
IOS3442 |
first_indexed |
2023-03-04T21:43:29Z |
last_indexed |
2023-04-29T09:38:42Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764503528941813760 |
score |
17.538404 |