STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Main Author: DWI CAHYO, FANDI ARDIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12877/1/Strategi%20Diversifikasi%20Produk%20Pisau%20Pada%20Industri%20Kreatif%20dengan%20Pendekatan%20QFD.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12877/
ctrlnum 12877
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/12877/</relation><title>STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA &#xD; INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN &#xD; QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)</title><creator>DWI CAHYO, FANDI ARDIAN</creator><subject>HD Industries. Land use. Labor</subject><description>Diversifikasi produk merupakan strategi yang dilakukan pihak perusahaan dalam &#xD; usaha mengembangkan dan memperbaiki kualitas produknya serta untuk &#xD; meningkatkan nilai ekonomi suatu produk. Diversifikasi produk yang dilakukan oleh &#xD; Industri Kreatif Masyarakat PD. Setia Jaya adalah mengembangkan desain produk &#xD; pisau dapur tradisional sesuai dengan karakteristik keinginan dan kebutuhan &#xD; konsumen. Identifikasi variabel karakteristik konsumen terhadap produk pisau &#xD; tersebut didapat melalui penentuan evaluasi produk berdasarkan dimensi bauran &#xD; manajemen pemasaran 7P dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen &#xD; pengguna pisau dari IKM tersebut. Dalam proses pengembangan produk terhadap &#xD; karakteristik konsumen dibantu dengan berbagai sarana dan teknik. QFD adalah &#xD; suatu sarana yang digunakan untuk menghubungkan karakteristik kebutuhan &#xD; konsumen yang didefinisikan oleh konsumen ke dalam spesifikasi teknis produk. Pada &#xD; matriks penggabungan karakteristik konsumen dan karakteristik desain produk dalam &#xD; House of Quality menghasilkan korelasi antara kedua karakteristik tersebut sehingga &#xD; menghasilkan nilai dari suatu hubungan karakteristik. Dalam pembentukan matriks &#xD; hubungan ini ada tiga macam hubungan yang dapat terjadi yaitu, hubungan kuat, &#xD; sedang dan lemah. Hubungan pada matriks tersebut diberi simbol-simbol yang &#xD; mempunyai nilai yang berbeda yaitu hubungan kuat dengan nilai 9, hubungan sedang &#xD; dengan nilai 3, hubungan lemah dengan nilai 1. Berdasarkan pada gambar House of &#xD; Quality didapatkan nilai kepentingan absolut dan nilai kepentingan relatif, nilai &#xD; tertinggi yang telah diklasifikasi ditentukan sebagai nilai prioritas karakteristik &#xD; teknis yang diinginkan oleh konsumen. Dipilih lima karakteritik teknis tertinggi dari &#xD; nilai persentase kepentingan relatif untuk menentukan prioritas desain produk yang &#xD; akan dilakukan perancangan desain produk ekspektasi.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/12877/1/Strategi%20Diversifikasi%20Produk%20Pisau%20Pada%20Industri%20Kreatif%20dengan%20Pendekatan%20QFD.pdf</identifier><identifier> DWI CAHYO, FANDI ARDIAN (2014) STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. </identifier><recordID>12877</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author DWI CAHYO, FANDI ARDIAN
title STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK PISAU PADA INDUSTRI KREATIF DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
publishDate 2014
topic HD Industries. Land use. Labor
url https://eprints.untirta.ac.id/12877/1/Strategi%20Diversifikasi%20Produk%20Pisau%20Pada%20Industri%20Kreatif%20dengan%20Pendekatan%20QFD.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12877/
contents Diversifikasi produk merupakan strategi yang dilakukan pihak perusahaan dalam usaha mengembangkan dan memperbaiki kualitas produknya serta untuk meningkatkan nilai ekonomi suatu produk. Diversifikasi produk yang dilakukan oleh Industri Kreatif Masyarakat PD. Setia Jaya adalah mengembangkan desain produk pisau dapur tradisional sesuai dengan karakteristik keinginan dan kebutuhan konsumen. Identifikasi variabel karakteristik konsumen terhadap produk pisau tersebut didapat melalui penentuan evaluasi produk berdasarkan dimensi bauran manajemen pemasaran 7P dengan menyebarkan kuisioner kepada konsumen pengguna pisau dari IKM tersebut. Dalam proses pengembangan produk terhadap karakteristik konsumen dibantu dengan berbagai sarana dan teknik. QFD adalah suatu sarana yang digunakan untuk menghubungkan karakteristik kebutuhan konsumen yang didefinisikan oleh konsumen ke dalam spesifikasi teknis produk. Pada matriks penggabungan karakteristik konsumen dan karakteristik desain produk dalam House of Quality menghasilkan korelasi antara kedua karakteristik tersebut sehingga menghasilkan nilai dari suatu hubungan karakteristik. Dalam pembentukan matriks hubungan ini ada tiga macam hubungan yang dapat terjadi yaitu, hubungan kuat, sedang dan lemah. Hubungan pada matriks tersebut diberi simbol-simbol yang mempunyai nilai yang berbeda yaitu hubungan kuat dengan nilai 9, hubungan sedang dengan nilai 3, hubungan lemah dengan nilai 1. Berdasarkan pada gambar House of Quality didapatkan nilai kepentingan absolut dan nilai kepentingan relatif, nilai tertinggi yang telah diklasifikasi ditentukan sebagai nilai prioritas karakteristik teknis yang diinginkan oleh konsumen. Dipilih lima karakteritik teknis tertinggi dari nilai persentase kepentingan relatif untuk menentukan prioritas desain produk yang akan dilakukan perancangan desain produk ekspektasi.
id IOS3442.12877
institution Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
institution_id 89
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
library_id 598
collection Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
repository_id 3442
subject_area Administrasi Negara dan Militer
Akuntansi
Arsitektur
city KOTA SERANG
province BANTEN
repoId IOS3442
first_indexed 2023-03-04T21:43:29Z
last_indexed 2023-04-29T09:38:42Z
recordtype dc
_version_ 1764503528941813760
score 17.538404