PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak

Main Author: SETIAWAN, IWAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12531/1/PENGUNAAN%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%28TPS%29%20UNTUK%20MENI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12531/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada materi teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas belajar siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 78 dengan kategori cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96 dengan kategori baik sekali. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 18 siswa dengan persentase 58,1% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 41,9%, pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase 83,87% sedangkan siswa yang belum tuntas tinggal 5 siswa dengan persentase 16,13%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.