PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak

Main Author: SETIAWAN, IWAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12531/1/PENGUNAAN%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%28TPS%29%20UNTUK%20MENI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12531/
ctrlnum 12531
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/12531/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND &#xD; SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV &#xD; PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL&#xD; Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah &#xD; Kabupaten Lebak</title><creator>SETIAWAN, IWAN</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar &#xD; siswa kelas IV pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada materi teknologi &#xD; produksi, komunikasi dan transportasi serta materi masalah-masalah sosial &#xD; dilingkungan setempat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bayah Timur &#xD; Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Subjek penelitian adalah &#xD; siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian &#xD; tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas &#xD; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data &#xD; menggunakan tes, observasi aktivitas belajar siswa dan pedoman wawancara. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian didapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil &#xD; belajar. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 78 dengan kategori cukup, &#xD; kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96 dengan kategori baik &#xD; sekali. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan &#xD; Minimal (KKM) sebanyak 18 siswa dengan persentase 58,1% sedangkan yang &#xD; belum tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 41,9%, pada siklus II &#xD; mengalami peningkatan ketuntasan dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 26 siswa &#xD; dengan persentase 83,87% sedangkan siswa yang belum tuntas tinggal 5 siswa &#xD; dengan persentase 16,13%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan &#xD; bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair and share (TPS)&#xD; dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran &#xD; Ilmu Pengetahuan Sosial.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/12531/1/PENGUNAAN%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%28TPS%29%20UNTUK%20MENI.pdf</identifier><identifier> SETIAWAN, IWAN (2015) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. </identifier><recordID>12531</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SETIAWAN, IWAN
title PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak
publishDate 2015
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.untirta.ac.id/12531/1/PENGUNAAN%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%28TPS%29%20UNTUK%20MENI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12531/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada materi teknologi produksi, komunikasi dan transportasi serta materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas belajar siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian didapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 78 dengan kategori cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96 dengan kategori baik sekali. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 18 siswa dengan persentase 58,1% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 41,9%, pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase 83,87% sedangkan siswa yang belum tuntas tinggal 5 siswa dengan persentase 16,13%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair and share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
id IOS3442.12531
institution Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
institution_id 89
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
library_id 598
collection Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
repository_id 3442
subject_area Administrasi Negara dan Militer
Akuntansi
Arsitektur
city KOTA SERANG
province BANTEN
repoId IOS3442
first_indexed 2023-03-04T21:43:25Z
last_indexed 2023-04-29T09:38:39Z
recordtype dc
_version_ 1764503527108902912
score 17.538404