PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak
Main Author: | SETIAWAN, IWAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12531/1/PENGUNAAN%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%28TPS%29%20UNTUK%20MENI.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12531/ |
ctrlnum |
12531 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/12531/</relation><title>PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND 
SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV 
PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah 
Kabupaten Lebak</title><creator>SETIAWAN, IWAN</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar 
siswa kelas IV pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada materi teknologi 
produksi, komunikasi dan transportasi serta materi masalah-masalah sosial 
dilingkungan setempat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bayah Timur 
Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Subjek penelitian adalah 
siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian 
tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas 
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data 
menggunakan tes, observasi aktivitas belajar siswa dan pedoman wawancara. 
Berdasarkan hasil penelitian didapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil 
belajar. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 78 dengan kategori cukup, 
kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96 dengan kategori baik 
sekali. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan 
Minimal (KKM) sebanyak 18 siswa dengan persentase 58,1% sedangkan yang 
belum tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 41,9%, pada siklus II 
mengalami peningkatan ketuntasan dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 26 siswa 
dengan persentase 83,87% sedangkan siswa yang belum tuntas tinggal 5 siswa 
dengan persentase 16,13%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan 
bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair and share (TPS)
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran 
Ilmu Pengetahuan Sosial.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/12531/1/PENGUNAAN%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%28TPS%29%20UNTUK%20MENI.pdf</identifier><identifier> SETIAWAN, IWAN (2015) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. </identifier><recordID>12531</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
SETIAWAN, IWAN |
title |
PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND
SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV
PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bayah Timur Kecamatan Bayah
Kabupaten Lebak |
publishDate |
2015 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
https://eprints.untirta.ac.id/12531/1/PENGUNAAN%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20THINK%20PAIR%20AND%20SHARE%20%28TPS%29%20UNTUK%20MENI.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12531/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa kelas IV pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada materi teknologi
produksi, komunikasi dan transportasi serta materi masalah-masalah sosial
dilingkungan setempat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bayah Timur
Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Subjek penelitian adalah
siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument pengumpulan data
menggunakan tes, observasi aktivitas belajar siswa dan pedoman wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian didapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil
belajar. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 78 dengan kategori cukup,
kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96 dengan kategori baik
sekali. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) sebanyak 18 siswa dengan persentase 58,1% sedangkan yang
belum tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 41,9%, pada siklus II
mengalami peningkatan ketuntasan dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 26 siswa
dengan persentase 83,87% sedangkan siswa yang belum tuntas tinggal 5 siswa
dengan persentase 16,13%. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair and share (TPS)
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial. |
id |
IOS3442.12531 |
institution |
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
institution_id |
89 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
library_id |
598 |
collection |
Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
repository_id |
3442 |
subject_area |
Administrasi Negara dan Militer Akuntansi Arsitektur |
city |
KOTA SERANG |
province |
BANTEN |
repoId |
IOS3442 |
first_indexed |
2023-03-04T21:43:25Z |
last_indexed |
2023-04-29T09:38:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764503527108902912 |
score |
17.538404 |