PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS III SDN CIKUPA VI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten Tangerang)
Main Author: | Sri Herdianti, Euis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/12501/1/PENGGUNAAN%20METODE%20ROLE%20PLAYING%20SEBAGAI%20UPAYA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12501/ |
ctrlnum |
12501 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/12501/</relation><title>PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA 
PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS 
III SDN CIKUPA VI
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten 
Tangerang)</title><creator>Sri Herdianti, Euis</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan 
oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, guru tidak menggunakan 
metode yang tepat untuk materi pembelajaran tertentu dan cara penyajian yang 
kurang menarik sehingga membuat siswa kurang meminati dalam belajar IPS dan 
hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran 
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan 
metode role playing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang 
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, 
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian 
ini menggunakan tes objektif pilihan ganda yang dilakukan pada setiap akhir 
siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada setiap siklusnya terdapat 
peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus pertama hasil belajar siswa 
mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71,15 dengan persentase indikator 
keberhasilan sebesar 73,1%, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa naik 
mencapai rata-rata sebesar 80,4 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 
100%. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa metode role playing 
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok 
bahasan jual beli di kelas III SDN Cikupa VI.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/12501/1/PENGGUNAAN%20METODE%20ROLE%20PLAYING%20SEBAGAI%20UPAYA.pdf</identifier><identifier> Sri Herdianti, Euis (2015) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS III SDN CIKUPA VI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. </identifier><recordID>12501</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sri Herdianti, Euis |
title |
PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS
III SDN CIKUPA VI
(Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten
Tangerang) |
publishDate |
2015 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
https://eprints.untirta.ac.id/12501/1/PENGGUNAAN%20METODE%20ROLE%20PLAYING%20SEBAGAI%20UPAYA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/12501/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan
oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, guru tidak menggunakan
metode yang tepat untuk materi pembelajaran tertentu dan cara penyajian yang
kurang menarik sehingga membuat siswa kurang meminati dalam belajar IPS dan
hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan
metode role playing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan tes objektif pilihan ganda yang dilakukan pada setiap akhir
siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada setiap siklusnya terdapat
peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus pertama hasil belajar siswa
mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71,15 dengan persentase indikator
keberhasilan sebesar 73,1%, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa naik
mencapai rata-rata sebesar 80,4 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar
100%. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa metode role playing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok
bahasan jual beli di kelas III SDN Cikupa VI. |
id |
IOS3442.12501 |
institution |
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
institution_id |
89 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
library_id |
598 |
collection |
Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
repository_id |
3442 |
subject_area |
Administrasi Negara dan Militer Akuntansi Arsitektur |
city |
KOTA SERANG |
province |
BANTEN |
repoId |
IOS3442 |
first_indexed |
2023-03-04T21:43:25Z |
last_indexed |
2023-04-29T09:38:38Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764503527017676800 |
score |
17.538404 |