PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS III SDN CIKUPA VI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten Tangerang)

Main Author: Sri Herdianti, Euis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/12501/1/PENGGUNAAN%20METODE%20ROLE%20PLAYING%20SEBAGAI%20UPAYA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12501/
ctrlnum 12501
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/12501/</relation><title>PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA &#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA &#xD; PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS &#xD; III SDN CIKUPA VI&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten &#xD; Tangerang)</title><creator>Sri Herdianti, Euis</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan &#xD; oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, guru tidak menggunakan &#xD; metode yang tepat untuk materi pembelajaran tertentu dan cara penyajian yang &#xD; kurang menarik sehingga membuat siswa kurang meminati dalam belajar IPS dan &#xD; hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran &#xD; aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan &#xD; metode role playing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang &#xD; dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, &#xD; pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian &#xD; ini menggunakan tes objektif pilihan ganda yang dilakukan pada setiap akhir &#xD; siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada setiap siklusnya terdapat &#xD; peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus pertama hasil belajar siswa &#xD; mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71,15 dengan persentase indikator &#xD; keberhasilan sebesar 73,1%, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa naik &#xD; mencapai rata-rata sebesar 80,4 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar &#xD; 100%. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa metode role playing &#xD; dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok &#xD; bahasan jual beli di kelas III SDN Cikupa VI.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/12501/1/PENGGUNAAN%20METODE%20ROLE%20PLAYING%20SEBAGAI%20UPAYA.pdf</identifier><identifier> Sri Herdianti, Euis (2015) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS III SDN CIKUPA VI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA. </identifier><recordID>12501</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sri Herdianti, Euis
title PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS III SDN CIKUPA VI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten Tangerang)
publishDate 2015
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.untirta.ac.id/12501/1/PENGGUNAAN%20METODE%20ROLE%20PLAYING%20SEBAGAI%20UPAYA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/12501/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, guru tidak menggunakan metode yang tepat untuk materi pembelajaran tertentu dan cara penyajian yang kurang menarik sehingga membuat siswa kurang meminati dalam belajar IPS dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada setiap siklusnya terdapat peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus pertama hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71,15 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 73,1%, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa naik mencapai rata-rata sebesar 80,4 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok bahasan jual beli di kelas III SDN Cikupa VI.
id IOS3442.12501
institution Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
institution_id 89
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
library_id 598
collection Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
repository_id 3442
subject_area Administrasi Negara dan Militer
Akuntansi
Arsitektur
city KOTA SERANG
province BANTEN
repoId IOS3442
first_indexed 2023-03-04T21:43:25Z
last_indexed 2023-04-29T09:38:38Z
recordtype dc
_version_ 1764503527017676800
score 17.538404