PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JATINOM KLATEN

Main Authors: Yusuf Adhi, Setyawan, Dr. H., Baidi, M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/1/Yusuf%20Adhi%20Setyawan.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Sosial Siswa. Nilai-nilai sosial siswa perlu ditingkatkan sebab siswa MTs masih pada usia mencari jati diri dan pada saat itu adalah masa-masa membutuhkan teman, sehingga perlu bimbingan dengan ajaran yang memiliki landasan yang benar. Peran guru PAI yang optimal terhadap perkembangan nilai-nilai sosial siswa akan membentuk sikap sosial siswa yang tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam meningkatkan sikap sosial siswa di MTs Negeri Jatinom Klaten. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di MTs Negeri Jatinom Klaten dan waktu penelitian mulai dari bulan April sampai dengan Agustus 2016. Subyek penelitian ini adalah guru rumpun PAI, dengan informan penelitian Kepala Sekolah dan Guru rumpun PAI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian sebagaimana tujuan penelitian, diketahui bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan sikap sosial adalah 1) pendidik dan pengajar; 2) teladan dalam berinteraksi dengan masyarakat; 3) pemimpin; 4) administrator; dan 5) pengelola pembelajaran. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah 1) berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, peningkatan sikap sosial melalui kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan penguatan metode pembelajaran. Keywords: Role of Teachers, Students‟ Social Attitudes. Social values of students should be increased because of MTs students still at the age of self-discovery and at the moment it is the season needed a friend, so it needs guidance to teaching that has the correct runway. Role of Islamic Education teacher that optimal to the development of social values students will form the high social attitudes of students. The purpose of this study was to describe the steps of teachers in improving the social attitudes of students at MTs Jatinom Klaten. This type of research is qualitative. Place of research conducted at MTs Jatinom Klaten research took place from April to August 2016. The subjects of this study were teachers of Islamic Education clumps, with research informants are principal and teachers of Islamic Education clumps. Data collection techniques in this study, namely: interviews, observation, and documentation. Technique of validity data used triangulation techniques. The results of the research, as the purpose of research, it is known that the Islamic Education teacher's role in improving social attitudes are 1) educators and teachers; 2) the example of interaction with the community; 3) the leader; 4) the administrator; and 5) the management of learning. The steps taken is 1) to actively participate in the organization and implementation of extracurricular activities, an increase in social attitudes through the competence of the subjects of Islamic Education, and reinforcement learning methods.