PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JATINOM KLATEN
Main Authors: | Yusuf Adhi, Setyawan, Dr. H., Baidi, M.Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/1/Yusuf%20Adhi%20Setyawan.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/ |
ctrlnum |
632 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/</relation><title>PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA
DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI
JATINOM KLATEN</title><creator>Yusuf Adhi, Setyawan</creator><creator>Dr. H., Baidi, M.Pd</creator><subject>370 Education</subject><subject>377 Schools and religion</subject><description>Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Sosial Siswa.
Nilai-nilai sosial siswa perlu ditingkatkan sebab siswa MTs masih pada
usia mencari jati diri dan pada saat itu adalah masa-masa membutuhkan teman,
sehingga perlu bimbingan dengan ajaran yang memiliki landasan yang
benar. Peran guru PAI yang optimal terhadap perkembangan nilai-nilai sosial
siswa akan membentuk sikap sosial siswa yang tinggi. Penelitian ini memiliki
tujuan untuk menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam
meningkatkan sikap sosial siswa di MTs Negeri Jatinom Klaten.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di MTs
Negeri Jatinom Klaten dan waktu penelitian mulai dari bulan April sampai dengan
Agustus 2016. Subyek penelitian ini adalah guru rumpun PAI, dengan informan
penelitian Kepala Sekolah dan Guru rumpun PAI. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan
data yang digunakan adalah teknik triangulasi.
Hasil penelitian sebagaimana tujuan penelitian, diketahui bahwa peran
guru PAI dalam meningkatkan sikap sosial adalah 1) pendidik dan pengajar; 2)
teladan dalam berinteraksi dengan masyarakat; 3) pemimpin; 4) administrator; dan
5) pengelola pembelajaran. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah 1)
berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler, peningkatan sikap sosial melalui kompetensi mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam, dan penguatan metode pembelajaran.

Keywords: Role of Teachers, Students‟ Social Attitudes.
Social values of students should be increased because of MTs students still
at the age of self-discovery and at the moment it is the season needed a friend, so
it needs guidance to teaching that has the correct runway. Role of Islamic
Education teacher that optimal to the development of social values students will
form the high social attitudes of students. The purpose of this study was to
describe the steps of teachers in improving the social attitudes of students at MTs
Jatinom Klaten.
This type of research is qualitative. Place of research conducted at MTs
Jatinom Klaten research took place from April to August 2016. The subjects of
this study were teachers of Islamic Education clumps, with research informants
are principal and teachers of Islamic Education clumps. Data collection techniques
in this study, namely: interviews, observation, and documentation. Technique of
validity data used triangulation techniques.
The results of the research, as the purpose of research, it is known that the
Islamic Education teacher's role in improving social attitudes are 1) educators and
teachers; 2) the example of interaction with the community; 3) the leader; 4) the
administrator; and 5) the management of learning. The steps taken is 1) to actively
participate in the organization and implementation of extracurricular activities, an
increase in social attitudes through the competence of the subjects of Islamic
Education, and reinforcement learning methods.</description><date>2017-01-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/1/Yusuf%20Adhi%20Setyawan.pdf</identifier><identifier> Yusuf Adhi, Setyawan and Dr. H., Baidi, M.Pd (2017) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JATINOM KLATEN. skripsi thesis, IAIN Surakarta. </identifier><recordID>632</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yusuf Adhi, Setyawan Dr. H., Baidi, M.Pd |
title |
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA
DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI
JATINOM KLATEN |
publishDate |
2017 |
topic |
370 Education 377 Schools and religion |
url |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/1/Yusuf%20Adhi%20Setyawan.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/632/ |
contents |
Kata Kunci: Peran Guru, Sikap Sosial Siswa.
Nilai-nilai sosial siswa perlu ditingkatkan sebab siswa MTs masih pada
usia mencari jati diri dan pada saat itu adalah masa-masa membutuhkan teman,
sehingga perlu bimbingan dengan ajaran yang memiliki landasan yang
benar. Peran guru PAI yang optimal terhadap perkembangan nilai-nilai sosial
siswa akan membentuk sikap sosial siswa yang tinggi. Penelitian ini memiliki
tujuan untuk menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam
meningkatkan sikap sosial siswa di MTs Negeri Jatinom Klaten.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di MTs
Negeri Jatinom Klaten dan waktu penelitian mulai dari bulan April sampai dengan
Agustus 2016. Subyek penelitian ini adalah guru rumpun PAI, dengan informan
penelitian Kepala Sekolah dan Guru rumpun PAI. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan
data yang digunakan adalah teknik triangulasi.
Hasil penelitian sebagaimana tujuan penelitian, diketahui bahwa peran
guru PAI dalam meningkatkan sikap sosial adalah 1) pendidik dan pengajar; 2)
teladan dalam berinteraksi dengan masyarakat; 3) pemimpin; 4) administrator; dan
5) pengelola pembelajaran. Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah 1)
berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler, peningkatan sikap sosial melalui kompetensi mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam, dan penguatan metode pembelajaran.
Keywords: Role of Teachers, Students‟ Social Attitudes.
Social values of students should be increased because of MTs students still
at the age of self-discovery and at the moment it is the season needed a friend, so
it needs guidance to teaching that has the correct runway. Role of Islamic
Education teacher that optimal to the development of social values students will
form the high social attitudes of students. The purpose of this study was to
describe the steps of teachers in improving the social attitudes of students at MTs
Jatinom Klaten.
This type of research is qualitative. Place of research conducted at MTs
Jatinom Klaten research took place from April to August 2016. The subjects of
this study were teachers of Islamic Education clumps, with research informants
are principal and teachers of Islamic Education clumps. Data collection techniques
in this study, namely: interviews, observation, and documentation. Technique of
validity data used triangulation techniques.
The results of the research, as the purpose of research, it is known that the
Islamic Education teacher's role in improving social attitudes are 1) educators and
teachers; 2) the example of interaction with the community; 3) the leader; 4) the
administrator; and 5) the management of learning. The steps taken is 1) to actively
participate in the organization and implementation of extracurricular activities, an
increase in social attitudes through the competence of the subjects of Islamic
Education, and reinforcement learning methods. |
id |
IOS3440.632 |
institution |
IAIN Surakarta |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
326 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Surakarta |
library_id |
185 |
collection |
Digital Repository Perpustakaan IAIN Surakarta |
repository_id |
3440 |
subject_area |
Agama Ekonomi Pendidikan |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3440 |
first_indexed |
2017-08-20T01:13:27Z |
last_indexed |
2017-08-20T01:13:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764502584349949952 |
score |
17.538404 |