PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DELANGGU, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Authors: | Anugrah, Tathmainul Novia Yanti, Drs., Suluri, M. Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/1/Anugrah%20Tathmainul%20Novia%20Yanti.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci : Penerapan, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan Kurikulum 2013 membutuhkan persiapan dan proses yang panjang. Perubahan kurikulum salah satunya pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti serta penambahan waktu yang menjadi tiga jam. Dilihat persiapnnya dilihat dari sarpras, fasilitas, dan tenaga pendidikan, sekolah tersebut sudah cukup siap untuk penerapan Kurikulum 2013. Yang menjadi permasalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti . penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran dan apa saja upaya-upaya yang dilakukan sekolah dan guru PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Di SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten pada bulan April 2016 - Februari 2017. Yang mana subyek penelitiannya adalah guru PAI dan Budi Pekerti kelas VIII. Sedangkan untuk informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan guru selain PAI dan Budi pekerti di SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten telah menerapkan Kurikulum 2013 pada PAI dan Budi Pekerti. Mulai dari perencanaan guru menyusun RPP, penyusunan prota, promes dan lainnya. RPP disusun tidak untuk setiap pertemuan, tapi untuk dua sampai tiga kali. Dalam proses, guru sudah menerapkan pendekatan scientific yaitu mengamati, menanya, mengeksperimen, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Dalam evaluasi guru juga melakukan penilaian autentik dengan menilai sikap, yaitu meliputi observasi, penilaian diri, dan jurnal. Nilai pengetahuan meliputi tes lisan, tes tulis, penugasan, ulangan harian, UTS dan UAS. Nilai keterampilan meliputi praktek dan kinerja proses. Sekolah dan guru berusaha untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kurikulum 2013 dengan mengikuti sosialisasi dan perkumpulan di dalam forum maupun luar forum. Meningkatkan sarpras dan fasilitas yang ada. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2013 adalah belum adanya buku pegangan siswa dan guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang sudah direvisi. Key words : Implementation, Curriculum 2013, Islamic Education and Character Background study of this research is the changing of curriculum 2013 need preparation and a long process. The one of curriculum changing in the Islamic education and character and addition of the time that becomes 3 hours. It could be seen from the preparation of tools, facilities, and education employee, that school has ready to implementing curriculum 2013. The problem from this research is how theimplementation of curriculum 2013 in the Islamic education and character course. The objectives study of this research is to describe the implementation of curriculum 2013 in the realization of learning and the efforts that is done by the school and Islamic education teacher. This research is a descriptive qualitative research in SMP Negeri 1 Delanggu, laten on April 2016 through February 2017. The subject study of this research is Islamic education teacher in eighth grade. The informant of this research is the headmaster, and the teacher except Islamic education in SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten. Technique to collect the data is using observation, interview and documentation. To get the validity using triangulation sources, and for analyze the data using reduction, model of the data, and conclution or verifying. The result of this research shows that SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten has implemented curriculum 2013 in Islamic education and character course. Start from teacher’s planning to make lesson plan, arranging prota, promes, etc. lesson plan arranging not for every meeting, but for two until three meetings. In the process, the teacher has implemented scientific approach that is observing, asking, experimenting, associating, comunicating. In the evaluation of the teacher also did authentic scoring with evaluate the attitude, as follows observation, self-scoring, and journal. Knowledge score include oral test, written test,daily examination, UTS, and UAS. The skill score include practice and process performance. School and the teacher try to improve the knowledge about curriculum 2013 with following socialization and association in the club, improvingtools and facilities. The problem that is faced in implementing curriculum 2013 there is no book for the students andIslamic education’s teacher that has been revision.