PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DELANGGU, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Authors: | Anugrah, Tathmainul Novia Yanti, Drs., Suluri, M. Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/1/Anugrah%20Tathmainul%20Novia%20Yanti.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/ |
ctrlnum |
548 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/</relation><title>PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP
NEGERI 1 DELANGGU, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>Anugrah, Tathmainul Novia Yanti</creator><creator>Drs., Suluri, M. Pd</creator><subject>370 Education</subject><subject>377 Schools and religion</subject><description>Kata Kunci : Penerapan, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan Kurikulum 2013
membutuhkan persiapan dan proses yang panjang. Perubahan kurikulum salah
satunya pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti serta penambahan waktu yang
menjadi tiga jam. Dilihat persiapnnya dilihat dari sarpras, fasilitas, dan tenaga
pendidikan, sekolah tersebut sudah cukup siap untuk penerapan Kurikulum 2013.
Yang menjadi permasalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kurikulum
2013 pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti . penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran dan
apa saja upaya-upaya yang dilakukan sekolah dan guru PAI dan Budi Pekerti.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Di SMP Negeri 1
Delanggu, Klaten pada bulan April 2016 - Februari 2017. Yang mana subyek
penelitiannya adalah guru PAI dan Budi Pekerti kelas VIII. Sedangkan untuk
informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan guru selain PAI dan
Budi pekerti di SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten. Adapun teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber sedangkan analisis datanya
menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten
telah menerapkan Kurikulum 2013 pada PAI dan Budi Pekerti. Mulai dari
perencanaan guru menyusun RPP, penyusunan prota, promes dan lainnya. RPP
disusun tidak untuk setiap pertemuan, tapi untuk dua sampai tiga kali. Dalam
proses, guru sudah menerapkan pendekatan scientific yaitu mengamati, menanya,
mengeksperimen, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Dalam evaluasi guru juga
melakukan penilaian autentik dengan menilai sikap, yaitu meliputi observasi,
penilaian diri, dan jurnal. Nilai pengetahuan meliputi tes lisan, tes tulis,
penugasan, ulangan harian, UTS dan UAS. Nilai keterampilan meliputi praktek
dan kinerja proses. Sekolah dan guru berusaha untuk meningkatkan pengetahuan
tentang Kurikulum 2013 dengan mengikuti sosialisasi dan perkumpulan di dalam
forum maupun luar forum. Meningkatkan sarpras dan fasilitas yang ada. Adapun
kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2013 adalah belum adanya
buku pegangan siswa dan guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang sudah
direvisi. 

Key words : Implementation, Curriculum 2013, Islamic Education and
Character
Background study of this research is the changing of curriculum 2013
need preparation and a long process. The one of curriculum changing in the
Islamic education and character and addition of the time that becomes 3 hours. It
could be seen from the preparation of tools, facilities, and education employee,
that school has ready to implementing curriculum 2013. The problem from this
research is how theimplementation of curriculum 2013 in the Islamic education
and character course. The objectives study of this research is to describe the
implementation of curriculum 2013 in the realization of learning and the efforts
that is done by the school and Islamic education teacher.
This research is a descriptive qualitative research in SMP Negeri 1
Delanggu, laten on April 2016 through February 2017. The subject study of this
research is Islamic education teacher in eighth grade. The informant of this
research is the headmaster, and the teacher except Islamic education in SMP
Negeri 1 Delanggu, Klaten. Technique to collect the data is using observation,
interview and documentation. To get the validity using triangulation sources, and
for analyze the data using reduction, model of the data, and conclution or
verifying.
The result of this research shows that SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten has
implemented curriculum 2013 in Islamic education and character course. Start
from teacher’s planning to make lesson plan, arranging prota, promes, etc. lesson
plan arranging not for every meeting, but for two until three meetings. In the
process, the teacher has implemented scientific approach that is observing, asking,
experimenting, associating, comunicating. In the evaluation of the teacher also did
authentic scoring with evaluate the attitude, as follows observation, self-scoring,
and journal. Knowledge score include oral test, written test,daily examination,
UTS, and UAS. The skill score include practice and process performance. School
and the teacher try to improve the knowledge about curriculum 2013 with
following socialization and association in the club, improvingtools and facilities.
The problem that is faced in implementing curriculum 2013 there is no book for
the students andIslamic education’s teacher that has been revision.</description><date>2017-02-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/1/Anugrah%20Tathmainul%20Novia%20Yanti.pdf</identifier><identifier> Anugrah, Tathmainul Novia Yanti and Drs., Suluri, M. Pd (2017) PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DELANGGU, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. skripsi thesis, IAIN Surakarta. </identifier><recordID>548</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Anugrah, Tathmainul Novia Yanti Drs., Suluri, M. Pd |
title |
PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP
NEGERI 1 DELANGGU, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2017 |
topic |
370 Education 377 Schools and religion |
url |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/1/Anugrah%20Tathmainul%20Novia%20Yanti.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/548/ |
contents |
Kata Kunci : Penerapan, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Latar belakang penelitian ini adalah adanya perubahan Kurikulum 2013
membutuhkan persiapan dan proses yang panjang. Perubahan kurikulum salah
satunya pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti serta penambahan waktu yang
menjadi tiga jam. Dilihat persiapnnya dilihat dari sarpras, fasilitas, dan tenaga
pendidikan, sekolah tersebut sudah cukup siap untuk penerapan Kurikulum 2013.
Yang menjadi permasalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kurikulum
2013 pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti . penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran dan
apa saja upaya-upaya yang dilakukan sekolah dan guru PAI dan Budi Pekerti.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Di SMP Negeri 1
Delanggu, Klaten pada bulan April 2016 - Februari 2017. Yang mana subyek
penelitiannya adalah guru PAI dan Budi Pekerti kelas VIII. Sedangkan untuk
informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan guru selain PAI dan
Budi pekerti di SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten. Adapun teknik pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber sedangkan analisis datanya
menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten
telah menerapkan Kurikulum 2013 pada PAI dan Budi Pekerti. Mulai dari
perencanaan guru menyusun RPP, penyusunan prota, promes dan lainnya. RPP
disusun tidak untuk setiap pertemuan, tapi untuk dua sampai tiga kali. Dalam
proses, guru sudah menerapkan pendekatan scientific yaitu mengamati, menanya,
mengeksperimen, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Dalam evaluasi guru juga
melakukan penilaian autentik dengan menilai sikap, yaitu meliputi observasi,
penilaian diri, dan jurnal. Nilai pengetahuan meliputi tes lisan, tes tulis,
penugasan, ulangan harian, UTS dan UAS. Nilai keterampilan meliputi praktek
dan kinerja proses. Sekolah dan guru berusaha untuk meningkatkan pengetahuan
tentang Kurikulum 2013 dengan mengikuti sosialisasi dan perkumpulan di dalam
forum maupun luar forum. Meningkatkan sarpras dan fasilitas yang ada. Adapun
kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2013 adalah belum adanya
buku pegangan siswa dan guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang sudah
direvisi.
Key words : Implementation, Curriculum 2013, Islamic Education and
Character
Background study of this research is the changing of curriculum 2013
need preparation and a long process. The one of curriculum changing in the
Islamic education and character and addition of the time that becomes 3 hours. It
could be seen from the preparation of tools, facilities, and education employee,
that school has ready to implementing curriculum 2013. The problem from this
research is how theimplementation of curriculum 2013 in the Islamic education
and character course. The objectives study of this research is to describe the
implementation of curriculum 2013 in the realization of learning and the efforts
that is done by the school and Islamic education teacher.
This research is a descriptive qualitative research in SMP Negeri 1
Delanggu, laten on April 2016 through February 2017. The subject study of this
research is Islamic education teacher in eighth grade. The informant of this
research is the headmaster, and the teacher except Islamic education in SMP
Negeri 1 Delanggu, Klaten. Technique to collect the data is using observation,
interview and documentation. To get the validity using triangulation sources, and
for analyze the data using reduction, model of the data, and conclution or
verifying.
The result of this research shows that SMP Negeri 1 Delanggu, Klaten has
implemented curriculum 2013 in Islamic education and character course. Start
from teacher’s planning to make lesson plan, arranging prota, promes, etc. lesson
plan arranging not for every meeting, but for two until three meetings. In the
process, the teacher has implemented scientific approach that is observing, asking,
experimenting, associating, comunicating. In the evaluation of the teacher also did
authentic scoring with evaluate the attitude, as follows observation, self-scoring,
and journal. Knowledge score include oral test, written test,daily examination,
UTS, and UAS. The skill score include practice and process performance. School
and the teacher try to improve the knowledge about curriculum 2013 with
following socialization and association in the club, improvingtools and facilities.
The problem that is faced in implementing curriculum 2013 there is no book for
the students andIslamic education’s teacher that has been revision. |
id |
IOS3440.548 |
institution |
IAIN Surakarta |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
326 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Surakarta |
library_id |
185 |
collection |
Digital Repository Perpustakaan IAIN Surakarta |
repository_id |
3440 |
subject_area |
Agama Ekonomi Pendidikan |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3440 |
first_indexed |
2017-08-01T00:17:40Z |
last_indexed |
2017-08-01T00:17:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764502583783718912 |
score |
17.538404 |