IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IKHWAN AS-SHAFA (Studi Analsis Di Ma Matholil Huda Bugel Kedung Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk menggambarkan implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara. 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Menggambarkan konsep pendidikan Islam menurut Ikhwan As-Shafa. (2) implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara mencakup empat aspek yaitu aspek tujuan pendidikan, cara mendapatkan ilmu, pendidik dan peserta didik, dan kurikulum. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: Faktor pendukungnya a) Lingkungan yang baik yang dikelilingi banyak pesantren, madin, dan masyarakat yang baik. b) Program dan kegiatan madrasah yang tetap mempertahankan nilai-nilai agama. c).Keseriusan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. d) Fasilitas penunjang pembelajaran yang dapat memaksimalkan dan memudahkan pembelajaran. Hambatan yang dialami dalam implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: a). Keterbatasan ruang kelas yang tidak dapat menampung banyaknya peserta didik baru. b). Perbedaan IQ peserta didik yang mempersulit peserta didik yuntuk menyerap ilmu. c) Materi muatan lokal yang sulit dimengerti peserta didik.