ctrlnum 5248
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/</relation><title>IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IKHWAN AS-SHAFA (Studi Analsis Di Ma Matholil Huda Bugel Kedung Jepara)</title><creator>NURUL ALFRIDA SETIYOWATI, 151310003318</creator><subject>2X7.3 Pendidikan Agama Islam</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk menggambarkan implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara. 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.&#xD; Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Menggambarkan konsep pendidikan Islam menurut Ikhwan As-Shafa. (2) implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara mencakup empat aspek yaitu aspek tujuan pendidikan, cara mendapatkan ilmu, pendidik dan peserta didik, dan kurikulum. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: Faktor pendukungnya a) Lingkungan yang baik yang dikelilingi banyak pesantren, madin, dan masyarakat yang baik. b) Program dan kegiatan madrasah yang tetap mempertahankan nilai-nilai agama. c).Keseriusan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. d) Fasilitas penunjang pembelajaran yang dapat memaksimalkan dan memudahkan pembelajaran. Hambatan yang dialami dalam implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: a). Keterbatasan ruang kelas yang tidak dapat menampung banyaknya peserta didik baru. b). Perbedaan IQ peserta didik yang mempersulit peserta didik yuntuk menyerap ilmu. c) Materi muatan lokal yang sulit dimengerti peserta didik.</description><date>2022-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/1/151310003318_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/2/151310003318_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/3/151310003318_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/4/151310003318_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/8/151310003318_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/5/151310003318_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/7/151310003318_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/9/151310003318_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> NURUL ALFRIDA SETIYOWATI, 151310003318 (2022) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IKHWAN AS-SHAFA (Studi Analsis Di Ma Matholil Huda Bugel Kedung Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA. </identifier><recordID>5248</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NURUL ALFRIDA SETIYOWATI, 151310003318
title IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM IKHWAN AS-SHAFA (Studi Analsis Di Ma Matholil Huda Bugel Kedung Jepara)
publishDate 2022
isbn 151310003318
topic 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
url http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/1/151310003318_COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/2/151310003318_BAB%20I.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/3/151310003318_BAB%20II.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/4/151310003318_BAB%20III.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/8/151310003318_BAB%20IV.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/5/151310003318_BAB%20V.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/7/151310003318_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/9/151310003318_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5248/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk menggambarkan implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara. 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung jepara Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Menggambarkan konsep pendidikan Islam menurut Ikhwan As-Shafa. (2) implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara mencakup empat aspek yaitu aspek tujuan pendidikan, cara mendapatkan ilmu, pendidik dan peserta didik, dan kurikulum. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: Faktor pendukungnya a) Lingkungan yang baik yang dikelilingi banyak pesantren, madin, dan masyarakat yang baik. b) Program dan kegiatan madrasah yang tetap mempertahankan nilai-nilai agama. c).Keseriusan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. d) Fasilitas penunjang pembelajaran yang dapat memaksimalkan dan memudahkan pembelajaran. Hambatan yang dialami dalam implementasi konsep pendidikan Islam Ikhwan As-Shafa di MA Matholiul Huda Bugel Kedung Jepara adalah: a). Keterbatasan ruang kelas yang tidak dapat menampung banyaknya peserta didik baru. b). Perbedaan IQ peserta didik yang mempersulit peserta didik yuntuk menyerap ilmu. c) Materi muatan lokal yang sulit dimengerti peserta didik.
id IOS3407.5248
institution Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
institution_id 462
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNISNU Jepara
library_id 498
collection Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository
repository_id 3407
subject_area Agama
Akuntansi
Arsitektur
city JEPARA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3407
first_indexed 2023-04-10T20:56:24Z
last_indexed 2023-04-10T20:56:24Z
recordtype dc
_version_ 1764485515330977792
score 17.538404