Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala yang dihadapi customer service dalam upaya meningkatkan pelayanan pada anggota BMT Ummat Sejahtera Abadi Cabang Utama Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi dengan teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan customer service yaitu Pelatihan karyawan, pelatihan dan pembinaan internal Bmt, membuat standar opersional prosedur (SOP), menjaga komunikasi dengan anggota, pendekatan dengan anggota, merespon keluhan anggota dengan cepat, memberikan pelayanan penuh untuk anggota, dan memberikan pelayanan dengan ramah. Adapun kendala yang dihadapi customer service yaitu Belum ada konsistensi jabatan, anggota tidak sabar, serta ketika melayani anggota BMT sudah berusia lanjut.