Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pogil process oriented guided inquiry learning terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Muslim Mindahan Jepara. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah teknik pogil (process oriented guided inquiry learning) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Nurul Muslim Mindahan yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Berdasarkan statistik Uji t dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel (2,821>1,673), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan Uji F dapat diketahui bahwa F hitung > F tabel 7,960 > 4,016 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara Teknik pogil (Proses Oriented guided Inquiry Learning) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Muslim Mindahan. Sedangkan nilai koefisien korelasi (rxy ) sebesar 0,356 terletak pada interval 0,21-0,40 termasuk kategori “rendah”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang “rendah” antara Teknik pogil (Proses Oriented guided Inquiry Learning) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurul Muslim Mindahan.