PENGARUH E-WOM, ATTRACTION DAN AMENITY TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DESTINASI WISATA PANTAI BENTENG PORTUGIS JEPARA
Daftar Isi:
- Pariwisata sudah menjadi kebutuhan manusia dalam kehidupannya karena sibuknya pekerjaan dan bertambahnya beban hidup yang dirasakan menjadikan seseorang ingin melepaskan semua beban yang pada dirinya sebagai hiburan dari perasaan jenuh dan stress. Pantai Benteng Portugis merupakan obyek wisata pantai yang dikelola pemerintah daerah Jepara yang memiliki keunggulan pantai bersejarah dengan adanya benteng peninggalan bangsa portugis dan menjadi objek wisata yang mempunyai akses menuju pulau mandalika. Keunggulan yang dimiliki pantai benteng portugis belum mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Oleh sebab itu penelitian ini meneliti bebrapa faktor yang dapat meningkatkan keputusan berkunjung diantarannya E-WOM (Electronic Word Of Mouth), Attraction dan Amenity. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif, populasi wisatawan yang berkunjung pada Destinasi Wisata Pantai Benteng Portugis yang berjumlah tidak diketahui, adapun sampel yang diambil dari populasi berjumlah 96 yang ditentulam menggunakan rumus rao purba untuk pengambilan sampel menggunkan teknik Probability Sampling dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden, untuk pengolahan data menggunakan alat SPSS versi 23. Analisis yang digunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwasannya E-WOM (Electronic Word Of Mouth) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung ditunjukkan dengan hasil uji t hitung 10,880 > t tabel 1,986 dan nilai signifikan 0,000 < 0,025. Attraction berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung ditunjukkan dengan hasil uji t hitung 1,725 < t tabel 1,986 dan nilai signifikan 0,088 > 0,025. Amenity berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung ditunjukkan dengan hasil uji t hitung 0,949 < t tabel 1,986 dan nilai signifikan 0,345 > 0,025. E-WOM (Electronic Word Of Mouth), Attraction dan Amenity secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan nilai F hitung 102,155 > F tabel 2,70 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05