Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran Blended Learning pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sowan Lor, (2) efektivitas model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Sowan Lor Jepara di masa pandemi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 1 Sowan Lor Jepara. Pada desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design menggunakan jenis Nonequivalent Control Grup Design. Dua sampel penelitian ini yang terdiri atas kelas eksperimen 4A dan kelas kontrol 4B. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sowan Lor Jepara. Analisis nilai posttes menggunkan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen dan kontrol. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen (4A) lebih tinggi dibanding hasil belajar kelas kontrol (4B). Hasil uji t yang menunjukkan hasil thitung > ttabel yakni 3,970 > 1,688 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Dengan perbandingan rata-rata nilai kelas eksperimen 82,87 sedangkan kelas kontrol rata-rata 71,78. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap moel pembelajaran yang diterapkan. Maka dari itu dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Sowan Lor Jepara.