Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, untuk mengetahui pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi UNISNU Jepara. Metode analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 69 orang dari 218 mahasiswa akuntansi regular satu UNISNU Jepara semester 5, 7, dan 9. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner yang disebarkan dan diisi 69 orang dari 218 mahasiswa akuntansi regular satu UNISNU Jepara semester 5, 7, dan 9. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah meggunakan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi UNISNU Jepara.