ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS (RAHN) PADA BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MAGELANG (Studi Kasus BSM Cabang Magelang Muntilan Preode 2015-2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa strategi pemasaran yang digunakan oleh bank syariah mandiri cabang Magelang Muntilan, implementasi dari strategi pemasaran, dan dampak dari strategi pemasaran dan implementasi yang telah dilakukan oleh bank syariah mandiri cabang Magelang Muntilan. Metode dalam penelitian ini menggunakan cara pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara kepada manajer cabang, manajer produk, dan nasabah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan BSM cabang Magelang Muntilan telah menggunakan strategi segmenting, targeting, positioning. Pada strategi segmenting BSM cabang Magelang Muntilan telah mefokuskan pada segmen geografis dan segmen demografis. Dan strategi targeting telah menggunakan strategi pemasaran serba sama. Pada startegi positioning BSM cabang Magelang Muntilan telah menerapkan strategi diferensi jasa. Selain itu BSM cabang Mgaelang Muntilan juga menggunkan strategi marketing mix atu lebih dikenal dengan sebutan 4P, yaitu: produk, price, place dan promotion. Dalam hal produk dengan cara memberikan proses yang cepat, dan prosedur yang ringan. Dalam hal harga telah memberikan biaya titipan dan administrasi yang murah serta pinjaman yang besar. Dalam hal distribusi BSM cabang Mgelang Muntilan telah melokasikan diri di tempat yang setrategis yaitu dekat dengan pasar, dan perumahan. Dalam hal promosi yaitu telah menyebar brosur, memasang spanduk, web, facebook, instagram, yaoutube dll. Dan hasil dari strategi pemasaran dan implementasi yang dilakukan oleh bank syariah mandiri cabang Magelang Muntilan ternyata mampu meningkatkan minat nasabah.