PENGARUH BRAND IMAGE , FASILITAS , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA BPJS PADA RSUD R.A KARTINI JEPARA
Main Author: | Muqoriah, Siti |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/196/1/skripsi%202%20yess.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/196/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Sektor jasa terutama jasa kesehatan mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan memi liki prospek yang bagus. Kondisi ini membuat persaingan menjadi semakin ketat. Setiap rumah sakit harus mampu menggunakan berbagai cara agar dapat menarik pasien melalui kualitas pelayanannya. Masyarakat cenderung menuntut pelayanan kesehatan yang lebih ba ik dan cepat. Banyak rumah sakit yang menyadari hal tersebut, sehingga mereka harus dapat mewujudkan kepuasan pasien dalam berbagai strategi agar dapat mempertahankan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganali sis pengaruh Brand Image , fasilitas, dan kualitas pelayanan terha dap kepuasan pasien rawat inap pengguna BPJS. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Kartini Jepara . Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap pengguna BPJS Rumah Sakit Kartini Jepara . Jumlah sample yang digunakan d al am penelitian ini sebanyak 96 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner deng an teknik non probability sampling menggunakan ac cidental sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh v ariabe l Brand Image, fasilitas , dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Kartini Jepara. Dari Analisis tersebut diperoleh hasil analisa regresi : Y = 2,582 + 0, 125 .X1 + 0 ,172 .X2 + 0, 223. X3 Hasil analisis menunjukkan bahwa ant ara variabel brand image , fasilitas, dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap variabel kepuasan pasien, baik secara individu maupun bersama. Besarnya Adjusted R Square adalah 0,323 . Hal ini berarti bahwa 32,3% variasi ke puasan pasien dapat dijelaskan oleh ketiga variabel bebas brand image , fasilitas dan kualitas pelayanan. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel - variabel lain di luar penelitian ini. Kata ku nci : Brand image, fasilitas, kualitas pelayanan, kepuasan pasie n