PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, IKLAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(Studi pada Toserba Ailaty Bangsri Jepara)
Daftar Isi:
- Kegiatan ritel (retailing) merupakan salah satu industri terbesar di dunia karena melibatkan peran berbagai golongan peritel mulai dari skala pengecer hingga hypermarket. Ritel meliputi semua perusahaan yang memiliki aktivitas membeli produk dari sebuah organisasi untuk dijual kembali kepada konsumen akhir, umumnya tidak melakukan transformasi produk, dan memberikan pelayanan akan penjualan produk. Supermarket atau toserba adalah sebuah toko yang menjual segala kebutuhan sehari-hari. Barang-barang yang dijual di toserba biasanya adalah barang sehari-hari seperti makanan, minuman, peralatan mandi, perlengkapan mencuci, alat-alat, pakaian dan kebutuhan dapur, dan lain sebagainya. Penelitian ini mengambil obyek konsumentoserba Ailaty Bangsri Jepara dengan sampel 97 konsumen. Pengumpulan data dngan daftar pertanyaan yang diadopsi dari peneliti terdahulu. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan regresi linier berganda serta mengunakan uji anova (uji F) serta uji statistik t. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian, variabel iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepitusan pembelian produk tisu multi.