PENERAPAN PRAKTEK PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MATHOLI’UL HUDA 02 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | NIDA, IRMA LUTHFI SHOFIA |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1314/1/131310001312%20Irma%20Luthfi%20Shofia%20Nida%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1314/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Irma Luthfi Shofia Nida (131310001312) Penerapan Praktek Pembiasaan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlotul Ulama’ Jepara. Pembimbing Drs. Abd Rozaq, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendiskripsikan penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MI matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara. Berangkat dari realitas di atas, maka ada tiga fokusyang di ajukan untuk di kaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih, (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih, dan (3) Bagaimana hasil pelaksanaan kegiatan penerapan praktek pembiasaan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih di MI matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk kajian yang reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dan tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukannya itu serta memperbaiki kondisi dimana praktik pembelajaran dilakukan. Adapun populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik MI matholi’ul Huda 02 Damarwulan pada mata pelajaran Fiqih berjumlah 37 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya Pengaruhnya penerapan praktek pembiasaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Diketahui bahwa sebelum tindakan dilakukan nilai rata-rata hasil belajar ulangan harian siswa adalah 61 akan tetapi pada siklus I ini rata-rata siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 73 % ini sebagai bukti bahwa ada peningkatan sebesar 12 % bandingkan sebelum adanya tindakan Selajutnya Pada siklus II ini rata-rata siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 75 % ini sebagai bukti bahwa ada peningkatan sebesar 3 % bandingkan dengan siklus sebelumnya. Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan jauh lebih meningkat yaitu nilai 78 sebagai nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Matholi’ul Huda 02.Dengan demikian hipotesis dapat diterima. Kata kunci : Pembiasaan, Motivasi belajar siswa dan Meningkatkan pembelajaran Fiqih di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan, diantaranya adalah jama’ah sholat dzuhur, sholat dhuha, tadarus sebelum pelajaran dimulai, membaca do’a sebelum dan sesudah pelajaran.